Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kurangi Konsumsi Garam Cegah Hipertensi

Oleh Herman, Jumat, 6 Februari 2015 | 16:08 WIB

JAKARTA- Hipertensi atau tekanan darah tinggi sampai saat ini masih menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Penyakit tersebut umumnya terkait dengan konsumsi garam (natrium) berlebih yang mengakibatkan kadar natrium di dalam darah meningkat.

"Dalam jumlah yang berlebihan, natrium yang terkandung di dalam garam dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi yang berakibat stroke," kata Kasubdit Pengendalian Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Direktorat Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, Lily Banonah Rivai saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (6/2).

Karena itu, sangat penting untuk membatasi konsumsi garam harian agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut. "Asupan garam per orang per hari hanya boleh 2000 mg natrium atau setara dengan satu sendok teh saja," jelasnya.

Untuk yang sudah menderita tekanan darah tinggi, diabetes, atau berusia di atas 51 tahun, asupan garam per hari juga harus lebih sedikit. "Per harinya harus kurang dari 1500 mg," tambah Lily. (b1)

BAGIKAN