Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah wisatawan menikmati keindahan danau di tempat wisata Situ Patenggang, Jawa Barat, Minggu (17/10/2021). Foto:  BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Sejumlah wisatawan menikmati keindahan danau di tempat wisata Situ Patenggang, Jawa Barat, Minggu (17/10/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Libur Lebaran, Jumlah Warga Tak Patuh Prokes Naik 2 Kali Lipat

Rabu, 11 Mei 2022 | 08:12 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut masih banyak masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan (prokes) sepanjang cuti bersama lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau periode 24-30 April dan 1-7 Mei 2022.

"Terjadi kenaikan jumlah orang yang dipantau dan ditegur di tempat-tempat wisata sebesar dua kali lipat dari sebelumnya," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito saat konferensi pers daring, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Pantau Arus Balik, BNPB Pastikan Prokes di Rest Area Berjalan Baik

Dari angka kepatuhan selama pelaksanaan cuti bersama dari 27 provinsi, menurut dia, terungkap bahwa masih terdapat 49,5% masyarakat yang tidak patuh memakai masker pada area restoran atau kedai. Sedangkan pada area pemukiman sebanyak 22,1 % masyarakat yang tidak patuh.

Selain itu, mobilitas masyarakat ke luar rumah saat libur lebaran 2022 sebesar 48,1%. Sedangkan mobilitas pada lebaran di tahun sebelumnya sebesar 3,64%. Hal ini menunjukan terjadinya peningkatan mobilitas yang cukup tinggi sebesar 44,46%.

Peningkatan mobilitas saat lebaran ini pun berdampak positif terhadap perekonomian. Hal ini ditunjukan dengan indeks belanja mandiri sebesar 31%.

Kendati demikian, Wiku mengingatkan, peningkatan mobilitas ini bisa memicu peningkatan kasus Covid-19. Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan baik memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pasca lebaran.

Prof Wiku Adisasmito juga mengingatkan, mobilitas masyarakat usai libur labaran semakin meningkat sehingga perlu diwaspadai. Menurutnya, peningkatan mobilitas masyarakat berpotensi menimbulkan lonjakan kasus baru Covid-19.

“Penting untuk menjadi kewaspadaan kita bersama bahwa tren kenaikan mobilitas ternyata tidak hanya dialami oleh provinsi tujuan mudik, tetapi terjadi merata pada 33 dari 34 provinsi di seluruh Indonesia berdasarkan data yang dikutip dari Google Mobility per 6 Mei 2022 lalu,” ungkapnya.

Baca juga: Jabodetabek Kembali Terapkan PPKM Level 2, Simak Aturan Lengkapnya

Ia melanjutkan kenaikan mobilitas pada umumnya terjadi juga pada lokasi ritel, rekreasi toko bahan makanan, taman, dan pusat transportasi umum.

Sementara mobilitas pada tempat kerja dan perkantoran secara keseluruhan mengalami penurunan. Sayangnya hal tersebut terjadi pada saat jumlah orang yang dites Covid-19 mengalami penurunan.

Ia mengatakan jumlah orang yang dites terus menurun lepas dari bulan Maret 2022. Pada pertengahan bulan Maret, jumlah orang yang diperiksa mencapai 1.000.000 orang per minggu, namun hingga minggu lalu hanya sekitar 300.000 orang saja.

Pada tempat ritel dan rekreasi, Sumatera Barat mengalami peningkatan mobilitas sebesar 110%. Diikuti Jawa Tengah naik 85%, dan Lampung naik 81%.

Kenaikan mobilitas pada toko bahan makanan juga terjadi di Sumatera Barat hingga peningkatan mencapai 153 %, Lampung 127%, dan Jawa Tengah 118%.

Penerapan hidup sehat juga harus sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari termasuk selalu memakai masker yang baik dan benar pada saat bertemu dengan orang lain karena kehidupan pasca pandemi yang menuntut semua orang meningkatkan kesadaran kesehatan dan kebersihan diri.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN