Menu
Sign in
@ Contact
Search
Lulusan International Teacher's College Universitas Pelita Harapan, Bastian Koralalage Namishka Prathiba Rodrigo (kanan) asal Srilanka dan lulusan Teacher's College UPH Mikael Faradaey, menyampaikan kesan selama menempuh pendidikan tinggi di UPH saat acara Wisuda Teacher's College UPH, Tangerang, Jumat 17 Juni 2022. (Foto: Beritasatu/Emral Firdiansyah)

Lulusan International Teacher's College Universitas Pelita Harapan, Bastian Koralalage Namishka Prathiba Rodrigo (kanan) asal Srilanka dan lulusan Teacher's College UPH Mikael Faradaey, menyampaikan kesan selama menempuh pendidikan tinggi di UPH saat acara Wisuda Teacher's College UPH, Tangerang, Jumat 17 Juni 2022. (Foto: Beritasatu/Emral Firdiansyah)

Lulusan Teacher’s College UPH Siap Melayani Bangsa di Pelosok Nusantara

Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:56 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

TANGERANG, investor.id – Teacher’s College Universitas Pelita Harapan (UPH) pada tahun akademik 2021/2022 berhasil meluluskan 317 mahasiswa. Pada lulusan tersebut selanjutnya akan diterjunkan ke seluruh pelosok Nusantara untuk melayani anak-anak bangsa yang kurang mampu, agar memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas.

Dari jumlah 317 lulusan, sebanyak 280 mahasiswa berasal dari Teacher’s College, dan 37 mahasiswa adalah lulusan International Teacher’s College UPH. Hingga saat ini, Teacher’s College UPH telah meluluskan 3.209 mahasiswa yang telah berkarya mencerdaskan anak bangsa, terutama membantu anak-anak yang kurang mampu di wilayah pelosok.

Hal ini merupakan wujud nyata komitmen Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) dengan mengirim lulusan Teacher’s College untuk melayani masyarakat di pelosok Tanah Air melalui Sekolah Lentera Harapan (SLH). Sebab, SLH sejak awal merupakan sekolah yang didedikasikan untuk membantu menyediakan pendidikan transformatif yang terintegrasi bagi anak-anak yang kurang beruntung.

Baca juga: Wisuda UPH Cetak Rekor Muri

SLH didirikan untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan terus menjalankan visi para pendiri YPPH, yakni melayani dan membantu anak-anak yang kurang mampu agar dapat bersekolah. Harapannya, upaya ini menumbuhkan bibit-bibit pemimpin masa depan dari anak-anak yang dipercayakan oleh Tuhan.

Pendiri YPPH, Dr (HC) James T Riady mengatakan, sepanjang pekan ini, sejak Senin, Selasa, dan Rabu, dia mengunjungi enam desa atau kampung di wilayah pegunungan Papua, untuk membuka sekolah-sekolah baru.

“Area-area ini membutuhkan tenaga-tenaga saudara untuk bisa terus berkembang. Saya juga mengunjungi daerah Nias, Sumatera Utara, dan Mentawai, Sumatera Barat,” katanya dalam wisuda lulusan Teacher’s College UPH tahun akademik 2021/2022 yang digelar di Kampus UPH Lippo Village, Tangerang, Jumat (17/6/2022). Turut hadir pada wisuda tersebut Rektor UPH Dr (Hon) Jonathan L Parapak.

UPH
Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr (Hon) Jonathan L Parapak (kedua dari kiri) dan Wakil Rektor UPH bidang Akademik Christine L Sommers (kedua dari kanan) mengukuhkan para wisudawan Teacher's College sebagai Sarjana Pendidikan di acara Wisuda Teacher's College dan International Teacher's College UPH, di Kampus UPH Tangerang, Jumat 17 Juni 2022. Para lulusan Teacher's College dan International Teacher's College diutus ke penjuru daerah di Indonesia untuk mengajar di Sekolah Lentera Harapan agar kualitas pendidikan di Indonesia meningkat.

James mengisahkan, saat berkunjung ke Labuan Bajo, NTT, dia mendapati para guru justru berkunjung ke rumah murid-murid untuk mengajar. Hal ini merupakan suatu tugas pelayanan yang sangat baik karena menjangkau murid yang juga umat-Nya.

“Ini sama halnya dengan yang ada di UPH, yang sudah memiliki para profesor dan dosen terbaik yang memberikan ilmu pengetahuannya kepada para mahasiswa dan mahasiswi. Mereka mengajar kalian di sini (Teacher’s College UPH) selama 4 tahun, agar dapat melanjutkan tugas pelayanan ini, sehingga semuanya dapat mencapai kesatuan iman dan pengetahuan. Kalian telah diperlengkapi dengan suatu pandangan secara sistemik dan holistik yang berpusat kepada Kristus,” ujarnya.

Sepanjang tahun-tahun yang telah dilalui selama menjalani program studi di UPH, mahasiswa telah diperlengkapi dan dipersiapkan dengan proses pelatihan yang terus-menerus. Selain itu mereka juga disaring, termasuk perkembangan rohani dalam filsafat dan psikologi.

Baca juga: Mahasiswa FH-UPH Juara Nasional ILMCC 2022

Dengan demikian, jelas sekali ada suatu investasi baik itu waktu maupun sumber daya yang lain. “Kalian hadir sepanjang hari, minggu, bulan, dan tahun. Kalian tinggal di asrama dan terlibat dalam segala aktivitas. Dan banyak di antara kalian yang sudah mengambil suatu peran posisi suatu kepemimpinan di antara aktivitas mahasiswa,” kata James.

Para dosen dan jajaran profesor di Teacher’s College juga melakukan tugas yang begitu luar biasa karena dipanggil oleh Tuhan untuk memberikan ilmu pengetahuan.

UPH, kata James, mengapresiasi tugas yang mulia, dan inilah yang harus dikerjakan oleh para wisudawan lulusan Teacher’s College ke mana pun nantinya akan pergi.

UPH
Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) James T Riady (kiri) didampingi oleh Former FIP Dean Connie Rasilim (kanan) memberikan pidato sambutan dalam Wisuda Teacher's College dan International Teacher's College Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Jumat 17 Juni 2022. UPH mengutus para Sarjana Pendidikan Teacher's College dan International Teacher's College ke penjuru daerah di Indonesia demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Dunia seperti apa yang akan dimasuki nantinya. Bersediakah kalian memainkan peran untuk memberitahukan kepada masyarakat luas, bahwa dunia ini begitu progresif dan sudah mengalami kemajuan yang sangat besar baik dalam pengetahuan, pendidikan, perawatan kesehatan, materi dan hal lainnya?" katanya.

"Apakah saudara yang akan membawa perubahan lebih baik bagi dunia? Tentu kalian akan membutuhkan waktu satu hingga tiga tahun untuk menunjukkan dan membuktikan kepada masyarakat, bahwa memang serius membuat sesuatu yang berarti, dan kalian konsisten serta hadir di sana,” jelasnya.

Sekiranya dalam satu hingga dua tahun berikutnya, lanjut dia, masyarakat baru mulai percaya pada kalian dan mengikuti, saat itulah nantinya para wisudawan akan menghadapi banyak percobaan dan itu menjadi proses pematangan diri.

Baca juga: Pariwisata Masuki Era Baru, UPH-Kemenparekraf Siap Cetak SDM Profesional

“Sekali lagi selamat. Ayo keluar dan pergi. Relasi antara yayasan dan para wisudawan adalah sebuah kemitraan. Karena kalian adalah guru misionaris dan kami akan mengikutinya. Kami akan mendoakan dan mendukung kalian. Banyak di antara kalian yang akan kembali dan melanjutkan program pendidikan S2 dan mungkin hingga S3,” tutur James.

James berharap para wisudawan dapat pergi dan melayani Tuhan serta sesama sepenuh hati. “Secara pribadi tetaplah bertumbuh di dalam iman,” harapnya.

Membawa Perubahan

Sementara itu, Rektor UPH Jonathan L Parapak meminta para lulusan Teacher’s College untuk mampu membawa perubahan bagi bangsa dan negara. “UPH mengutus anda, para wisudawan dan wisudawati, untuk membawa perubahan dan perbaikan bagi masyarakat dengan terus menjiwai dan mengemban visi UPH, yakni pengetahuan sejati, iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan karakter mulia. Jadilah garam dan terang di tengah-tengah masyarakat,” pesannya.

UPH
Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. (Hon.) Jonathan L Parapak, memberikan pidato sambutan saat Wisuda Teacher's College dan International Teacher's College UPH, Tangerang, Jumat 17 Juni 2022. UPH juga memberikan pengutusan penugasan mengajar bagi para lulusan Teacher's College dan International Teacher's College ke penjuru daerah di Indonesia demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Kami yakin, bahwa bangsa ini membutuhkan profesional-profesional muda yang memiliki integritas tinggi dan anda telah dipersiapkan untuk mengabdikan ilmu yang telah didapatkan serta menjadi berkat bagi bangsa Indonesia,” tambahnya.

Dia mengakui, para wisudawan Teacher’s College terbilang luar biasa karena mampu menyelesaikan studi di tengah perjuangan melawan pandemi Covid-19. Oleh karenanya, UPH sangat bersyukur bisa menggelar wisuda bagi mereka yang telah berjuang selama pandemi dan ternyata mampu belajar dengan baik serta mencapai prestasi akademik yang terbaik.

“Karena itu saya sampaikan selain mereka mendapatkan ilmu, ternyata pengalaman menghadapi tantangan dua tahun selama pandemi ini telah membentuk karakter. Saya yakin wisudawan sekarang ini lebih tangguh dalam menghadapi masalah-masalah masa depan," terangnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com