Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
KPU

KPU

Manfaatkan Sipol, KPU Buka Pendaftaran Parpol pada 1-7 Agustus

Minggu, 22 Mei 2022 | 17:11 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan pendaftaran partai politik dimulai pada 1-7 Agustus 2022. Pendaftaran akan menggunakan aplikasi sistem informasi partai politik atau Sipol.

“Pendaftaran parpol akan dimulai awal pada 1-7 Agustus 2022 dengan menggunakan sipol,” ujar Anggot KPU Idham Holik dalam acara diskusi virtual, di Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Baca juga: Rawan Digugat, KPU Diminta Hati-hati Jalankan Tahapan Pemilu

Tahapan pendaftaran tersebut, kata dia, tertuang dalam draf Peraturan KPU tentang Tahapan, Kegiatan dan Program Pemilu Serentak 2024. Draf PKPU akan segera disepakati oleh KPU bersama DPR dan pemerintah.

“Di sana (draf PKPU), kita menggunakan sipol. Hari ini sipol sedang dalam tahap finalisasi, kemarin sudah dilakukan fungsional testing atau pengujian penggunaan sipol tersebut ketika digunakan secara serentak seperti apa, kendalanya seperti apa,” ungkap Idham.

KPU, kata dia, akan melakukan ekspose sipol kepada calon peserta pemilu, yakni partai politik dan kepada elemen masyarakat yang bergerak di bidang kepemiluan. Ekspose sipol ini agar ada partisipasi dari peserta pemilu dan juga publik dalam proses tahapan pemilu.

“Besar harapan kami sipol yang sedang kita kembangkan kualitasnya lebih baik agar tidak ada pelayanan kurang maksimal dalam proses pendaftaran partai politik nanti,” ungkap dia.

Baca juga: Soal Pilpres 2024, Jokowi Kasih Kode ke Ganjar?

Lebih lanjut, Idham mengatakan, sipol adalah alat bantu bagi KPU untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi partai politik. KPU, kata dia, terus melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada KPU daerah, Bawaslu dan jajaran, partai politik serta instansi-instansi terkait.

“Selain itu, kami akan menguji coba aplikasi sipol dengan tim pendaftaran dan verifikasi dari partai politik sehingga proses peng-upload-an data-data tidak mengalami kendala,” pungkas Idham.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN