Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Taruna Merah Putih yang juga politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait saat memberikan materi Seminar Nasional bertema

Ketua Taruna Merah Putih yang juga politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait saat memberikan materi Seminar Nasional bertema "Intelektualitas dan Integritas Generasi Muda: Investasi Masa Depan Kepemimpinan Nasional" bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Lippo Village, Tangerang, Selasa 29 November 2022. (B-Universe Photo/Hendro Situmorang)

Maruarar Puji Kepemimpinan Erick Thohir, hingga Dipercaya Jokowi

Selasa, 29 Nov 2022 | 20:35 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

TANGERANG, investor.id – Ketua Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN yang telah banyak meluncurkan berbagai inovasi, sehingga dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Politisi PDI Perjuangan itu menilai Erick Thohir berhasil membangun ekosistem untuk mendorong kemajuan bangsa ke depan. Langkah kemajuan konsisten dilakukan Erick dengan memberi kesempatan kepada talenta terbaik bangsa berusia muda menjadi pemimpin. Salah satunya dengan dijadikan sebagai direksi perusahaan pelat merah.

“Pak Erick Thohir melakukan inovasi merekrut orang-orang bagus dari luar BUMN jadi dirut dan komisaris di BUMN,” kata Maruarar saat Seminar Nasional bertajuk 'Intelektualitas dan Integritas Generasi Muda: Investasi Masa Depan Kepemimpinan Nasional' di Universitas Pelita Harapan (UPH), Lippo Village, Tangerang, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Jaga Sistem Ekonomi Indonesia Tetap Baik Dibutuhkan Inovasi

Advertisement

Menurut dia, keputusan Erick Thohir dengan menunjuk para direksi dari kalangan milenial merupakan sebuah terobosan nyata. Sebab kondisi demikian belum pernah sekalipun muncul dalam kepemimpinan Kementerian BUMN sebelumnya. “Memang pernah kejadian sebelumnya seperti itu? Belum ada,” ujar Maruarar.

Meski demikian, dia menambahkan, Erick Thohir merupakan seorang pemimpin yang benar-benar mengutamakan kepentingan rakyat. Sebab ia turut juga memastikan kondisi ekonomi masyarakat menjadi aman.

“Pak Erick, menteri yang sangat dipercaya Bapak Presiden Jokowi. Kenapa? karena kerjanya bagus berintegritas, target-targetnya tercapai, bahkan pada saat sulit tercapai targetnya itu luar biasa,” terang politisi PDIP itu.

Menteri BUMN Erick Thohir juga dinilai sebagai sosok terdepan dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air. Langkah nyata yang dilakukan yaitu keberhasilan membongkar megakorupsi di PT Asabri dan Jiwasraya.

Baca juga: Erick Thohir: Generasi Muda Indonesia Harus Jadi Pemain, Bukan Penonton

Maruarar menegaskan bahwa Erick Thohir memiliki peran besar dalam keberhasilan mengungkap megaskandal korupsi di PT Asabri dan Jiwasraya. Hal itu terlihat dari dukungan penuh yang diberikan Erick selama penyelidikan kasus tersebut.

Menurutnya, kala itu, Erick justru menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI untuk memberantas oknum-oknum di perusahaan pelat merah.

"Ada case di Indonesia seperti Asabri dan Jiwasraya, itu case sudah lama banget dan merugikan sudah triliunan sudah gede banget. Tapi Pak Erick Thohir secara sadar mempersilahkan aparat kejaksaan untuk memeriksa dan menuntaskan," tuturnya.

Hal tersebut menggambarkan Erick sebagai sosok yang memegang teguh nilai-nilai integritas, sehingga mampu membuat persoalan korupsi yang menggerogoti BUMN perlahan menghilang.

Baca juga: ADB Berikan Pinjaman US$ 500 Juta Dukung Reformasi BUMN di Indonesia

"Kalau menterinya punya kepentingan atau enggak bener pasti tidak berani. Tapi justru Erick bersama-sama memeriksanya itu membutuhkan suatu integritas yang enggak bener silahkan tangkap saja anak buahnya," tegas Maruarar.

"Pak Erick dan Bahlil, dua orang saya kenal adalah orang yang sangat dipercaya Jokowi. Bagaimana mereka memimpin di saat sulit bisa tercapai dan ter-cover target, itu luar biasa, bahkan saat pandemi Covid-19 pun,” tambah Ara.

Oleh karena itu, dia berharap ke depan akan terlahir pemimpin Indonesia yang tidak berlandaskan pada kepentingan pribadi maupun kelompok. Menghapus segala latar belakang perbedaan menyongsong hadirnya persatuan.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com