Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi belajar dari rumah. (Foto: greenqueen.com.hk)

Ilustrasi belajar dari rumah. (Foto: greenqueen.com.hk)

Memahami Teks Eksplanasi: Ciri, Struktur, Kaidah Contoh

Selasa, 13 Juli 2021 | 09:17 WIB
Mashud

JAKARTA, investor.id - Teks eksplanasi akan memberikan penjelasan mengenai hal yang terjadi di lingkungan sekitar. Di ambil berdasarkan informasi yang berisikan fakta. Penting untuk mengetahui pengertian teks eksplanasi mencakup ciri, struktur, kaidah, contoh untuk memahami manfaat dari teks tersebut.

Seperti di kutip laman liga-indonesia.id di dalam teks eksplanasi akan memiliki fokus dalam membahas sesuatu yang faktual. Rentetan kejadian akan dibuat secara urut berdasarkan pengenalan masalah hingga kesimpulan. Terdapat ciri yang akan selalu memuat informasi berguna bagi pembacanya. Penjelasan mengenai strukturnya tertata demi membangun pemahaman pembacanya.

Pengertian Penting Mengenai Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi menjelaskan informasi penting yang dibutuhkan oleh pembaca. Berfungsi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai suatu kejadian. Secara umum teks ini membahas tentang mengapa atau bagaimana jika ada suatu peristiwa yang terjadi. Kejadian tersebut dapat memberikan dampak pada lingkungan sekitar.

Peristiwa yang dijelaskan dalam teks ini merupakan peristiwa alam, ilmu pengetahuan, budaya, sosial, juga beberapa hal lainnya. Kejadian di beberapa kategori peristiwa tersebut sering terjadi dalam kehidupan nyata. Setiap kejadian yang dibahas akan memiliki sebab dan akibat. Di dalamnya termasuk proses tersendiri yang harus diperhatikan agar tidak salah paham.

Setiap masalah yang dibahas bertujuan untuk atau melakukan analisis singkat. Analisis ini dapat dijadikan sebagai suatu pembelajaran yang penting. Beberapa hal yang dijelaskan memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan. Fungsinya, untuk mengetahui mengapa hal tersebut bisa terjadi melalui teks ini.

Tujuan Dibuatnya Teks Eksplanasi

Tujuan teks eksplanasi yang pertama adalah, untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Setiap kejadian akan dijelaskan secara runtut oleh penulis kepada pembaca. Penjelasan dimulai dari sebab akibat hingga kesimpulan atau hasil akhir dari kejadian tersebut. Sifat dari kejadian tersebut selalu faktual atau asli. Kejadian yang faktual digunakan agar dapat dijadikan sebagai pembelajaran penting.

Dari sifatnya dapat disimpulkan bahwa, teks ini merupakan salah satu penulisan yang isinya selalu informatif. Tujuan yang kedua adalah, memberikan informasi mengenai sebab-akibat dari sebuah peristiwa yang terjadi. Di dalam teks eksplanasi harus memuat sebab dan akibat. Hal itu karena semua yang dibahas akan berdasarkan suatu kejadian selalu dengan sebab khusus.

Ciri Dari Teks Eksplanasi

  1. Strukturnya

Teks eksplanasi akan memiliki struktur yang terbuat berdasarkan pernyataan umum. Di dalamnya akan selalu ada sebuah sebab dan akibat. Sebab akibat akan menjadi sebuah interpretasi penting dan dibutuhkan oleh pembacanya.

  1. Jenis informasi yang dimuat

Informasi pada setiap teks eksplanasi tidak akan dibuat berdasarkan opini. Jenis informasi ini dibuat dengan adanya fakta yang terjadi. Setiap fakta yang ada akan dianalisis untuk mendapatkan alasan tersendiri. Tentang mengapa kejadian tersebut dapat terjadi berdasarkan sebab akibatnya.

  1. Keadaan informasi

Dari setiap informasi yang faktual sifatnya adalah ilmiah atau keilmuan. Akan menggunakan metode ilmiah tertentu untuk mendalaminya. Penggunaan metode dalam sains merupakan langkah tepat untuk digunakan. Dengan metode ini asilnya akan sesuai dengan fakta secara berurutan.

  1. Selalu informative

Gaya bahasa yang informatif merupakan ciri khas dari teks eksplanasi. Semua informasi didalamnya akan bermanfaat bagi pembacanya. Perlu diperhatikan setiap penulisannya tidak boleh berusaha untuk mempengaruhi pembaca. Terutama untuk membuat pembaca mempercayai isi dari informasi tersebut.

  1. Adanya sequence marker

Keberadaan sequence marker sangatlah penting. Selalu menggunakan beberapa langkah seperti pertama, kedua, ketika, dan lain sebagainya. Sequence marker yang dibuat akan menjadi penuntun dalam metode penulisan. Dibuat agar pembaca dapat lebih mudah dalam memahami rentetan peristiwanya.

Mengenal Struktur Teks Eksplanasi

  1. Terdapat sebuah pernyataan umum

Keberadaan sebuah pernyataan umum sangatlah penting. digunakan untuk menjelaskan semua informasi yang dijelaskan berdasarkan topik general. Pembahasan dalam teks eksplanasi sifatnya sangatlah luas. Sifatnya ini digunakan agar tidak terlalu monoton saat penulisannya.

Teks ini menjelaskan proses terjadi dan keberadaan suatu hal atau kejadian. Berguna untuk diberikan sebagai informasi umum kepada pembaca.

  1. Terdapat sebab akibat

Penjelasan mengenai suatu hal yang terjadi sangatlah penting dalam teks eksplanasi. Pembahasannya dijelaskan melalui sebab akibat atau suatu rentetan. Setiap sebab dan akibat akan dijadikan sebagai metode penelitian. Diambil berdasarkan kejadian yang general atau sifatnya yang luas. Pembahasannya juga tidak akan terlalu berat, untuk memenuhi kriteria pembaca dengan beragam usia.

  1. Selalu ada interpretasi

Interpretasi merupakan salah satu kesimpulan dari semua hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Pembaca dapat mengerti penyelesaian atau inti dari masalah yang dibahas dengan interpretasi.

Kaidah Pembuatan Teks Eskplanasi

  1. Terdapat fokus pada hal umum maka tidak ada partisipasi manusia didalamnya.
  2. Memungkinkan untuk selalu menggunakan verba berjenis material dan rasional. Hal ini karena sifatnya ilmiah dan diharuskan menggunakan kata kerja aktif.
  3. Terdapat konjungsi, terutama dalam hal waktu dan kausal.
  4. Selalu menggunakan kalimat dalam bentuk pasif.
  5. Untuk bagian justifikasinya akan menggunakan sebuah eksplanasi. Mengatakan bahwa sesuatu yang diterangkan memang benar adanya.

Contoh-Contoh Sederhana Teks Eksplanasi

Contoh sosial:

Penanganan kasus perceraian:

Banyaknya jumlah orang yang menikah di Indonesia ternyata kasus perceraian masih saja kerap terjadi. Hal ini bukanlah salah satu hasil yang baik dari pernikahan. Banyak peneliti yang menyatakan jika keadaan perceraian akan mempengaruhi keadaan psikis dan psikologis anak beserta orang tua.

Sampai saat ini, banyak orang termasuk pemerintah yang sedang mendalami kasus ini. Jangan sampai kasus perceraian di Indonesia ini semakin bertambah. Dalam kurun waktu dekat ini bisa dikatakan jika jumlahnya memang semakin bertambah. Terjadi dengan berbagai alasan yang hampir sama.

Sebab akibat

Dari semua penelitian yang dilakukan, penyebab utama perceraian adalah kurangnya persiapan dari para calon suami istri. Para calon pasutri kebanyakan kurang siap dalam bidang ekonomi. Hal inilah yang penting untuk diperhatikan. Masalah umur juga sering menjadi faktor penyebabnya. Perlu untuk melakukan persiapan lebih sebelum nikah dengan lebih baik.

Untuk dari orang tua para calon juga diharapkan untuk memiliki pengertian lebih. Dengan adanya perhatian yang lebih baik kasus perceraian tidak banyak terjadi. Orang tua memiliki peran penting untuk memberikan pengetahuan kepada anaknya sebelum menikah. Orang tua dan calon harus dipertimbangkan dalam hal ekonominya. Pastikan bahwa setiap anak yang akan menikah memang sudah siap dalam hal ekonominya. Dipertimbangkan dengan lebih baik agar mampu mencegah hal buruk terjadi.

Kesimpulan

Dengan kasus perceraian ini keadaan ekonomi menjadi faktor utamanya. Penting untuk diadakan penyuluhan persiapan menikah. Jangan sampai ketika menikah anaklah yang menjadi korbannya. Hal ini terjadi karena orang tua yang tidak siap dengan keadaan. Pasangan suami istri sering merasakan ketidak nyaman. Salah satunya karena sulitnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Peranan orang tua menjadi salah satu hal utama yang sangat pokok. Hal ini berguna bagi keberlangsungan pernikahan yang sehat. Tentunya, semua orang tua menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Saat itu menikah merupakan pusat kebahagiaan bagi anak. Tidak ada salahnya untuk menunda pernikahan lebih lama, untuk menjamin jika kehidupan anak bisa menjadi jauh lebih bahagia.

Dari pelajaran mengenai pengertian teks eksplanasi adalah: ciri, struktur, kaidah, contoh. Dapat dikatakan cukup mudah untuk dipelajari. Dengan mengerti apa saja yang penting untuk dimasukan, dan maksud dari jenis teks ini. Maka dari itu, cobalah untuk mempelajarinya lebih dalam mengenai hal ini. Dari contoh yang dibuat maka, teks eksplanasi akan selalu memiliki sebab akibat dan kesimpulan.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : -

BAGIKAN