Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: IST

Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: IST

Menkes: 11 Platform Telemedicine Siapkan Jasa Konsultasi Dokter dan Pengiriman Obat Gratis

Senin, 5 Juli 2021 | 13:20 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, untuk memantau pasien Covid-19 gejala ringan dan tanpa gejala yang melakukan isolasi di rumah, pemerintah menyediakan layanan telemedicine

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan (Kemkes) bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi  dokter dan jasa pengiriman obat  secara gratis.

“Ini dibantu dan ditanggung oleh teman- teman  telemedicine, start-up  dan juga Kementerian Kesehatan. Di sini saya mengucapkan terima kasih  kepada  11 platform telemedicine,” kata Budi pada konferensi pers tentang Layanan telemedicine bagi Pasien Isolasi Mandiri, Senin (5/7/2021).

Budi menyebutkan, 11 platform tersebut bekerja sama  dengan Kemkes untuk memberikan layanan telemedicine  konsultasi dokter dan pengiriman obat untuk pasien Covid-19 dengan saturasi di atas 95%, tidak sesak nafas dan komorbid agar bisa tenang tetap di rumah dan  mendapatkan pengobatan  yang baik.

Sebagaimana diketahui 11 platform tersebut meliputi; Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Selanjutnya, Budi  mengatakan, adanya telemedicine maka dokter akan melakukan  mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien.

Melalui layanan ini, rumah sakit bisa melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang maupun berat termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh  Kemkes.

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang benar-benar tanpa gejala, sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis. Tak hanya itu, platform telemedicine ini juga terintegrasi dengan laboratorium testing  swab  polymerase chain reaction (PCR).

“Jadi bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia dan hasilnya positif bisa langsung diteruskan  dengan konsultasi dokter  dan apabila membutuhkan obat maka obatnya akan diberikan dan langsung dikirimkan ke rumah secara gratis,” ucapnya.

Selanjutnya, Budi menambahkan, selain 11 platform telemedicine, Kemkes juga sudah  terintegrasi dengan 742 laboratorium  yang ada di seluruh Indonesia untuk bisa melakukan  test dan menyampaikan hasilnya secara online  terintegrasi ke 11 platform telemedicine.

“Layanan  ini akan dilakukan uji coba di DKI Jakarta  mulai Selasa besok 6 Juli 2021 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan  DKI Jakarta,” ucapnya.

Budi menyebutkan, dengan layanan telemedicine, semua pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif  bisa mendapatkan akses  dan layanan medis tepat waktu dan tanpa mengantre di rumah sakit.

“Ini adalah saatnya negara hadir untuk  membantu rakyatnya  dan agar masyarakat bisa tenang  bisa mengakses ke layanan kesehatan, bisa tetap mendapatkan obat  dan tetap tinggal di rumah sambil menunggu pemulihannya,” ucapnya. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN