Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat berbicara pada acara Philanthropy Asia Summit II yang diselenggarakan Temasek Foundation di Shangri-La Orchard, Singapura, Jumat (30/09/2022).

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat berbicara pada acara Philanthropy Asia Summit II yang diselenggarakan Temasek Foundation di Shangri-La Orchard, Singapura, Jumat (30/09/2022).

Menkes: Komitmen Pendanaan FIF Capai US$ 1,4 Miliar

Sabtu, 1 Okt 2022 | 01:23 WIB
Nasori (redaksi@investor.id)

SINGAPURA, investor.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Presidensi G20 menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mendorong terbentuknya mekanisme pembiayaan yang lebih efektif dalam penanganan pandemi ke depan.

Mekanisme ini digagas melalui Financial Intermediary Funds (FIF) untuk meningkatkan respons, pencegahan, persiapan, dan deteksi. Hingga September 2022, setidaknya sudah terkumpul komitmen dana sebesar US$ 1,4 miliar melalui pendanaan ini.

Menkes mengatakan, walaupun kondisi Covid-19 secara global telah membaik, namun setiap negara harus memperkuat kapasitasnya dalam mempersiapkan, mencegah, mendeteksi, dan merespons penyakit yang akan muncul mendatang.

“Covid-19 mengajarkan, saat kita pulih dari krisis, kita harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kita perlu membangun kapasitas untuk menghadapi wabah penyakit di masa mendatang dengan strategi yang efektif,” ujar Budi saat berbicara pada acara Philanthropy Asia Summit 2022 yang diselenggarakan Temasek Foundation di Shangri-La Orchard, Singapura, Jumat (30/09/2022).

Advertisement

Ia menegaskan bahwa, upaya tersebut menjadi kepentingan bersama seluruh negara, terutama negara G20 dalam memperkuat kapasitas untuk mempersiapkan, mencegah, mendeteksi, dan merespons penyakit menular yang muncul dan muncul kembali serta membahayakan kesehatan masyarakat.

Pandemi Covud-19, lanjut Budi, juga menjadi kesempatan Indonesia melakukan perbaikan sistem kesehatan di Indonesia melalui enam pilar transformasi, meliputi pertama, transformasi pelayanan kesehatan primer dengan meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar seperti imunisasi, konsultasi dengan dokter umum, pemeriksaan kesehatan, dan edukasi masyarakat tentang pola hidup sehat.

Kedua, transformasi layanan rujukan dengan memperkuat pelayanan rujukan khususnya di wilayah timur dengan meningkatkan akses dan kualitas. Ketiga, transformasi Sistem ketahanan kesehatan dengan memperkuat tanggap darurat melalui pengawasan berbasis laboratorium secara real-time dan pengembangan kapasitas produksi dalam negeri bahan aktif farmasi, vaksin, dan alat kesehatan.

Keempat, transformasi pembiayaan kesehatan dengan mewujudkan pembiayaan kesehatan yang lebih efektif, efisien, merata, dan berkelanjutan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau. Kelima, transformasi sumber daya kesehatan manusia dengan meningkatkan sumber daya manusia kesehatan yang cukup dan merata di seluruh Indonesia.

Keenam, transformasi teknologi kesehatan dan bioteknologi dengan menyiapkan sebuah platform tunggal bagi setiap orang untuk mengakses dokumen kesehatan dan berfungsi sebagai inovasi bioteknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Terkait bioteknologi, lanjut Budi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendirikan Biomedical dan Genome Science Initiative (BGSi), yang akan berfokus pada perbaikan klinis, untuk lebih meningkatkan layanan kesehatan berbasis genomik di rumah sakit. “Tiga kegiatan utama BGSi adalah sekuensing seluruh genom, biobank dan sistem data terintegrasi yang meliputi rekam medis, data demografi dan data genomik,” papar Menkes.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com