Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Menko PMK Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Bantul

Gora Kunjana, Rabu, 16 November 2016 | 16:05 WIB

YOGYAKARTA – Menko PMK mengatakan, perilaku keseharian yang tidak sehat itu sebenarnya dapat dicegah bila kita semua fokus pada upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku yang sebenarnya sudah ada di masyarakat, akan tetapi perlu semakin luas praktiknya di kalangan keluarga dan masyarakat.

 

“Mari kita budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup yang lebih sehat, sebuah langkah kecil seperti menjaga kebersihan rumah, cuci tangan sebelum makan, ketersediaan air bersih, makan sayur yang cukup, olahraga, tidur yang cukup, dan menjauhkan anak-anak dari rokok,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dalam sambutannya saat acara pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa (15/11).

 

Jika masyarakat sudah mampu menerapkan hidup yang bersih dan sehat, tambah Menko PMK, secara tidak langsung tentunya juga turut menumbuhkan nilai-nilai Revolusi Mental yang siap untuk mengubah cara pandang, cara pikir, cara kerja. Terlebih memang nilai strategis Revolusi Mental salah satunya adalah menciptakan Indonesia yang bersih.

 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI dalam rangka penguatan paradigma pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

 

Selain di Bantul, Germas juga dicanangkan serentak di 9 wilayah atau lokasi, yaitu: Kota Batam (Kepulauan Riau), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Bogor (Jawa Barat), Kota Jambi (Provinsi Jambi), Kabupaten Padang Pariaman (Sumatera Barat), Kabupaten Pandeglang (Banten), Kota Pare-pare (Sulawesi Selatan), Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah), Kota Surabaya dan Kota Madiun (Jawa Timur).

 

Usai agenda Germas, Menko PMK bersama Menteri PUPR meninjau lokasi yang kawasan kumuh yang sudah dibenahi oleh Kementerian PUPR. Dalam kesempatan itu, Menko PMK juga meninjau langsung segala infrastruktur yang sudah dibangun. (is)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA