Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Mensos: Kesiapsiagaan Warga Penting dalam Penanganan Bencana

Senin, 14 Oktober 2013 | 16:09 WIB
Antara

JAKARTA - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan, penanganan dampak bencana alam selama ini yang masih menggunakan manajemen bencana klasik harus mulai diubah dengan pendekatan community disaster management atau penanganan bencana berbasis masyarakat.

"Penanganan dan pengelolaan bencana berbasis masyarakat yang perlu kembangkan saat ini. Tidak dapat dipungkiri, kesiapsiagaan setiap warga menjadi unsur penting dalam penanganan bencana alam," kata Mensos melalui keterangannya yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Penanganan bencana berbasis masyarakat menjadikan setiap warga terdidik dan terlatih dan mengkolaborasikan kearifan lokal dengan manajemen modern yang bertumpu pada kecepatan berpikir serta ketepataan bertindak. "Ini merupakan kunci dalam penanganan bencana alam," tambah Mensos.

Kondisi geologis Indonesia terletak di dalam lingkaran cincin api (ring of fire), sehingga mengakibatkan rawan terjadi berbagai bencana alam.

Kementerian Sosial mengajak semua pihak waspada dan memiliki kesiapan menghadapinya. Selain meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, kemitraan juga penting ditumbuhkan. Kemitraan penanganan bencana tidak hanya di dalam negeri semata.

Menjalin kerja sama antarnegara juga perlu dilakukan sebab bencana alam tidak hanya gempa bumi atau gunung berapi saja.

Menurut Mensos, di masa mendatang, dibutuhkan pertukaran keilmuan dan pengalaman dalam penanganan bencana alam dengan berbagai negara, salah satunya dengan negara-negara ASEAN.

"Pertukaran keilmuan dalam penanggulangan bencana alam bisa menjadi kekuatan dalam membangun tim yang solid dan menyelesaikan bencana alam," katanya. (*/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN