Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat membacakan rekomendasi nama bakal capres hasil Rakernas NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022 malam.  (Foto: ANTARA)

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat membacakan rekomendasi nama bakal capres hasil Rakernas NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022 malam. (Foto: ANTARA)

Nasdem Usung Anies, Andika Perkasa, dan Ganjar sebagai Bakal Capres

Jumat, 17 Juni 2022 | 23:05 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menetapkan tiga nama bakal calon presiden (capres) yang akan diusung Partai Nasdem pada Pemilu 2024.

Tiga nama tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Advertisement

"Dengan amanah rakernas ini, memutuskan, menetapkan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden Republik Indonesia yang akan diusung Partai Nasdem pada Pemilu 2024 yang akan datang," kata Surya Paloh dalam acara penutupan Rakernas Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Tiga nama itu akan dikerucutkan menjadi satu kandidat bakal calon. Dikatakan Surya Paloh, tiga nama itu merupakan pilihan dari seluruh kader Partai Nasdem dalam rakernas yang digelar selama tiga hari ini. Ia mengingatkan, tidak ada yang kurang satu sama lain di antara tiga nama bakal capres tersebut.

Baca juga: Soal Pilpres 2024, Jokowi Kasih Kode ke Ganjar?

“Tidak ada yang kurang. Nilainya sama di mata saya sebagai ketua umum. Urutannya boleh satu, dua dan tiga, tetapi itu adalah urutan berdasarkan abjad. Kualifikasinya sama. Itulah komitmen saya dan penghargaan saya kepada saudara-saudara di rakernas,” ujar Surya Paloh.

Kemudian, Surya membacakan tiga nama bakal capres yang direkomendasikan dalam rakernas.

“Maka saya akan bacakan, penetapan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024, pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo,” ungkap Surya Paloh.

Dari tiga nama ini, lanjut Surya Paloh, Partai Nasdem akan menetapkan satu kandidat yang akan diusung dalam Pemilu 2024 mendatang. Untuk itu, Partai Nasdem akan mencari waktu yang terbaik untuk memilih satu dari ketiga kandidat tersebut.

“Kursi presiden hanya satu. Kalau kursi presiden ada tiga, maka ketum tidak perlu memikirkan apa-apa lagi. Tetapi karena UU akan memilih satu calon presiden, maka Insya Allah kita akan tetapkan satu. Waktu dan tempatnya akan kita cari, hari baik bulan baik,” tegas Surya Paloh.

“Bagi kita tidak ada satu pun yang membuat kita terdesak. Karena apa pun keputusan kita, kita ingin mencalonkan yang terbaik untuk kepentingan bangsa ini,” katanya.

Baca juga: Hasto Beberkan Kriteria Capres 2024 versi  Megawati Soekarnoputri

Diketahui, dalam rapat pleno penyampaian usulan bakal capres dari 34 DPW Nasdem, muncul 25 nama baik dari kalangan eksternal partai dan internal partai.

Anies berada pada urutan pertama dengan dukungan 32 DPW Nasdem, lalu disusul Ganjar 29 DPW, Menteri BUMN Erick Thohir 16 DPW, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel 14 DPW dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 13 DPW.

Berikut lima nama tokoh teratas yang didukung DPW dalam Rakernas Nasdem:

1. Anies Baswedan: 32

2. Ganjar Pranowo: 29

3. Erick Thohir: 16

4. Rachmat Gobel: 14

5. Andika Perkasa: 13

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN