Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Pendidikan Masa Pandemi, Jokowi Minta Nadiem Terapkan Cara Baru

Minggu, 2 Mei 2021 | 20:49 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan,  pada masa pandemi ini, tentu pendidikan tidak bisa menggunakan cara-cara lama. Pasalnya, pendidikan tidak akan berjalan di era pandemi ini.

Oleh karena itu,  Jokowi menuturkan, perlu  cara baru yakni digital berupa hybrid atau campuran sehingga cepat beradaptasi.

"Kita harus  cepat adaptasi, harus adaptif, kreatif, dan ada  inovasi- inovasi terus," kata  Jokowi  saat berdialog dengan  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam siniar atau podcast tentang Hari Pendidikan Nasional  2021, Minggu (2/5/2021).

Jokowi menyebutkan, situasi pandemi seperti saat ini tidak hanya dihadapi oleh Indonesia saja, semua negara mengalami, bahkan lebih dari 215 negara mengalami. Pandemi ini mengubah secara drastis  kehidupan.

Di Indonesia, kata Jokowi, untuk memutuskan penyebaran Covid-19, pemerintah sudah memutuskan untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) pembelajaran yang dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Adapun tantangan tersebut yakni cara untuk  memastikan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik, terutama untuk yang pendidikan dasar. Selain itu,  guru juga dituntut betul-betul untuk kreatif dan inovatif.

“Kondisi pandemi ini juga harus kita manfaatkan untuk mengevaluasi mengoreksi total dunia pendidikan kita. Pandemi juga jangan menjadi penghalang untuk mencapai kemajuan dan  saya sangat berharap cita cita untuk mencapai SDM unggul tidak terhenti,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, hal ini agar pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia dapat  dirasakan oleh rakyat  Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote semuanya merasakan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN