Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

Peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

Percepat Waktu Pemrosesan Izin, DPMPTSP DKI Jakarta Luncurkan e-KRK

Gora Kunjana, Minggu, 27 Oktober 2019 | 15:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta meluncurkan permohonan perizinan Ketetapan Rencana Kota (KRK) versi digital yang diberi nama e-KRK.

e-KRK yang diluncurkan di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019) itu, untuk menciptakan inovasi layanan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman melalui proyek- proyek perubahan yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. 

“Sebagai ASN kita dituntut untuk terus melakukan proyek perubahan atau inovasi layanan dalam kerangka menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. Proyek perubahan tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan tanggung jawab negara dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” tutur Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu (27/10/2019). 

Peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)
Peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

Benni menilai sistem perizinan KRK secara manual yang selama ini dijalankan masih memiliki beberapa kelemahan dari segi waktu dan sistem pengerjaan. Dengan adanya terobosan baru ini, dirinya berharap kendala yang selama ini dihadapi dalam pemrosesan KRK dapat diminimalisir.

“Pada UP PTSP tingkat Kecamatan dan Kota, pelayanan perizinan KRK, sebagai salah satu syarat dalam pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sudah cukup baik. Hanya saja kita masih dihadapkan dengan beberapa kendala seperti sulitnya melihat history pemohon atau saat kita ingin konsolidasi data dan lain sebagainya masih agak rumit karena datanya terpisah-pisah berada di masing- masing komputer petugas pengolah data. Dengan adanya sistem ini, selain memudahkan pemohon juga memudahkan petugas untuk memonitoring data pemohon dan berkoordinasi dengan SKPD teknis,” jelas Benni.

Inovasi Layanan Tingkatkan Investasi

Peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)
Peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

inovasi layanan e-KRK diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis serta investasi di wilayah DKI Jakarta.

“Inovasi e-KRK hadir untuk dapat mempercepat waktu penyelesaian permohonan KRK. Pemohon dapat menginput data secara online sekaligus memilih jadwal pengukuran lahan, kemudian petugas Kami akan melakukan proses verifikasi dan kurang dari satu minggu KRK dapat diterbitkan. Bahkan terbukti dalam satu hari kerja Ketetapan Rencana Kerja sudah dapat diterbitkan dan diberikan secara langsung ke pemohon.” ujar Benni.

Benni menambahkan dengan adanya inovasi layanan e-KRK, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memiliki peta digital yang lebih akurat sehingga permasalahan perizinan penataan ruang kedepannya dapat diminimalisir melalui penyederhanaan dan percepatan proses perizinan dan non perizinan, diharapkan inovasi layanan ini dapat berkontribusi terhadap perbaikan iklim investasi di Jakarta.

Mengurus izin itu mudah di sela peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)
Mengurus izin itu mudah di sela peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

“KRK merupakan awal dari rangkaian perizinan pembangunan, sehingga percepatan pemrosesan KRK adalah hal yang terus dilakukan untuk meningkatkan investasi di Jakarta” ujar Benni.

Kasubit Insentif Investasi Keasdepan Pengembangan Kemenko, Yati Rachmawati mengungkapkan e-KRK merupakan bagian dari sistem perizinan yang akan memudahkan bagi pelaku usaha dan mendorong minat investasi untuk masuk ke Jakarta.

“Perizinan merupakan hal yang penting untuk mendorong kemajuan usaha dan menarik minat investasi. Terlebih dengan adanya simplifikasi proses perizinan seperti ini, para pelaku usaha akan menjadi lebih tertib administrasi dan tidak enggan mengurus perizinan secara mandiri. Ke depannya, saya berharap DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat terus berinovasi dan senantiasa menghadirkan pelayanan yang prima,” imbuh Yati.

Tiga Langkah Mudah

Mengurus izin itu mudah di sela peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)
Mengurus izin itu mudah di sela peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

Inovator Layanan e-KRK, Kasubag Tata Usaha Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Kearsipan (PSTIK) DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Darmawan Apriyadi mengatakan gagasan untuk membuat inovasi layanan e-KRK berangkat dari tantangan dan kebutuhan warga dalam perizinan KRK.

“Selama ini kami membutuhkan waktu 14 sampai 21 hari kerja sesuai SOP yang ada. Selain titu pemohon juga harus datang ke service point atau Unit Pelaksana PTSP, penggunaan koordinat lokal dan penjadwalan secara manual serta dokumen KRK masih menggunakan tanda tangan dan stempel basah. Sementara itu kini melalui e-KRK pemohon dapat mengajukan permohonan KRK cukup dengan tiga langkah mudah” ujar Darmawan.

Pertama, pemohon melakukan login ke website https://jakevo.jakarta.go.id/ atau melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah berhasil mendaftarkan akun, pemohon dapat memilih menu KRK. Kemudian, pemohon diminta untuk mengisi formulir sesuai ketentuan.

Kedua, pemohon melakukan upload berkas dan menentukan jadwal pengukuran lahan. Surveyor DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengukuran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemohon. Selanjutnya, setelah dilakukan pengukuran selama 2 hingga 3 jam, surveyor akan mengirim hasil ukur ke petugas penilai teknis perizinan dan non perizinan melalui aplikasi Jakevo.

Ketiga, Setelah output disetujui, Pemohon dapat mengunduh dokumen KRK yang telah ditandatangani oleh pejabat sesuai kewenangannya tanpa harus mendatangi kantor UP PTSP. Keabsahannya pun tidak perlu diragukan karena DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta menggunakan digital signature dan QR code bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Para hadirin saat menyaksikan peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)
Para hadirin saat menyaksikan peluncuran e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (24/10/2019)

Untuk saat ini, lanjut Darmawan penggunaan e-KRK baru hanya dapat dilakukan pada delapan UP PTSP Kecamatan, antara lain Mampang, Tanjung Priok, Cakung, Pulogadung, Kalideres, Tambora, Kemayoran, dan Senen. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan e-KRK, diharapkan inovasi layanan tersebut kedepannya juga dapat diaplikasikan pada seluruh service point UP PTSP Kecamatan dan UP PTSP Kota Administrasi di wilayah DKI Jakarta.

“Kami mulai secara bertahap pada delapan Kecamatan dan dalam jangka panjang kami akan mengembangkan aplikasi untuk semua perizinan dan non perizinan ketataruangan berbasis pengolahan data spasial melalui Geographic Information System (GIS) dan terintegrasi ke Peta Jakarta Satu,” ujar Darmawan.

Sementara itu pemohon e-KRK pada UP PTSP Kecamatan Kalideres, Hugo Agusto, mengaku terbantu dengan adanya inovasi layanan e-KRK. Sebab, jika sebelumnya ia harus menunggu 10 hari hingga KRK diterbitkan, kini menjadi hanya satu hari kerja. Untuk penggunaan aplikasi e-KRK pada website Jakevo sendiri menurutnya sangat mudah dan ringkas.

“Saya ingin melakukan renovasi rumah tinggal di wilayah Kecamatan Kalideres. Kemudian saya bermaksud mengajukan KRK dan ternyata pengajuan KRK sudah dapat dilakukan melalui pelayanan online pada aplikasi Jakevo, kemudian saya mengisi formulir, upload dokumen berkas persyaratan seperti KTP, sertifikat tanah, dan lain sebagainya. Agak terkejut juga karena prosesnya sebentar dan pada hari yang sama tim surveyor datang untuk mengukur luas lahan dan dalam waktu beberapa jam kemudian KRK saya sudah terbit sehingga proses renovasi juga bisa dilakukan lebih cepat. Layanan ini sangat mempersingkat waktu dan membuktikan bahwa birokrasi kita sudah semakin baik. Dari segi penggunaan aplikasi layanan menurut saya sangat mudah, ringkas, dan user friendly,” ungkapnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA