Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

PPKM Level 4 Intinya Minimalisasi Mobilitas Tanpa Mematikan Sektor Penghidupan

Rabu, 28 Juli 2021 | 22:51 WIB
Natasia Christy Wahyuni

JAKARTA, investor.id  - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, meminta pemerintah daerah (pemda) agar memahami secara detail kebijakan yang tertuang dalam instruksi menteri dalam negeri (Inmendagri) terkait perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4. Pada intinya, PPKM Level 4 adalah upaya pemerintah untuk meminimalisasi mobilitas tanpa mematikan sektor penghidupan.

"Pada prinsipnya, inti kebijakan yang diterapkan saat ini adalah meminimalisasi mobilitas dan kegiatan sosial atau ekonomi yang tidak esensial demi mengoptimalisasi penekanan kasus tanpa mematikan sektor penghidupan di masyarakat," kata Prof Wiku saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (28/7/2021).

Wiku mengatakan pemahaman pemda menjadi penting agar pelaksanaan PPKM Level 4 tidak justru menambah jumlah kasus baru Covid-19. Menurutnya, penting bagi pemda untuk melakukan sosialisasi kebijakan secara masif dengan cara komunikatif.

Tujuannya agar kebijakan PPKM Level 4 bisa diimplementasikan dengan baik oleh masyarakat serta dapat dilaksanakan secara bertanggung jawab dan penuh kesadaran.

Terkait kemungkinan penurunan level khususnya di DKI Jakarta, Wiku mengatakan hal tersebut disesuaikan berdasarkan analisis situasi Covid-19. Pemerintah akan melakukan pemantauan satu minggu setelah penerapan PPKM Level 4.

“Pada prinsipnya, situasi Covid-19 bersifat dinamis, oleh karena itu analisis situasi pun akan dinamis. Pemerintah akan memberikan hasil pantauan lanjutan satu minggu ke depan atau setelah pemberlakuan kebijakan selesai secara hukum,” kata Wiku.

Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Inmendagri 24/2021 tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Inmendagri tersebut menginstruksikan perpanjangan PPKM per tanggal 25 Juli sampai 2 Agustus 2021.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN