Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo akan Berpidato di Sidang PBB

Rabu, 23 September 2020 | 05:26 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampai kan pidato dalam Sidang Majelis Umum (SMU) Ke-75 Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) secara virtual.

"Memberikan pidato dari tapping, 'kan sekarang kondisi Covid-19," ka ta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Selasa (22/9).

Pidato Presiden Joko Widodo itu akan menjadi yang pertama sejak menjabat sebagai Presiden RI ka rena sebelumnya pada periode 2014—2019, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyampaikan pidato untuk mewakili Indonesia di forum internasional tersebut.

"Presiden RI mendapat urutan pada hari pertama (22 September), se si sore waktu New York (urutan ke-19), diperkirakan sekitar pukul 20.30 malam waktu setempat atau pu kul 07.30 WIB pada tanggal 23 September 2020," kata Heru. Presiden Jokowi akan berpidato da lam sesi Debat Umum, yakni sesi penyampaian pandangan para pemimpin negara di dunia.

Sesi pidato tersebut termasuk ke da lam rangkaian pertemuan pejabat tinggi dunia di PBB yang digelar pada tanggal 21 September hingga 2 Oktober 2020 secara virtual akibat situasi pandemi Covid-19. Sidang Majelis Umum PBB tahun ini untuk pertama kalinya akan digelar secara langsung dan virtual.

Terdapat pembatasan jumlah delegasi yang diizinkan hadir secara fisik, sementara pejabat tinggi akan menyampaikan pidato yang telah di rekam sebelumnya (pre-recorded message).

Selain Presiden yang dijadwalkan untuk menyampaikan pidato, sejumlah menteri juga akan menghadiri rangkaian acara Sidang Ke-75 Majelis Umum PBB secara virtual, antara lain menteri luar negeri, menteri lingkung an hidup dan kehutanan, serta men teri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah men teri pun akan ikut menyampaikan pidato secara virtual, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Men teri Lingkungan Hidup dan Kehu tanan Siti Nurbaya, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dalam memperingati 75 tahun berdirinya Perse rikatan Bangsa-Bangsa (PBB), men dorong badan dunia itu untuk mem perkuat relevansi dan adaptasi dalam menghadapi tantangan global.

Menlu Retno menegaskan, ekspektasi dunia terhadap PBB semakin me ningkat, untuk dapat memperkuat kepemimpinan global dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas. Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI saat berpartisipasi secara virtual di salah satu pertemuan tingkat tinggi untuk memperingati 75 tahun pen dirian PBB di Jakarta, Selasa (22/9).

Bertemakan "The Future We Want, the United Nations We Need: Reaffirming Our Collective Commitment to Multilateralism" (Masa Depan yang Kita Inginkan, PBB yang Kita Bu tuhkan: Menegaskan Kembali Komitmen Bersama untuk Multilateralisme). Peringatan itu ditujukan untuk memetakan jalan menuju masa depan dunia yang lebih baik serta efektivi tas penanganan berbagai tantangan global. (ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN