Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Jokowi Berikan Bantuan Modal Kerja kepada Pelaku UMKM

Rabu, 30 September 2020 | 04:54 WIB
Investor Daily

BOGOR, investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9).

Dalam acara tersebut, Jokowi meminta para pelaku UMKM terus menjaga usahanya agar tidak tutup alias bangkrut terimbas pandemi Covid-19.

“Saya memahami, saya mengerti, sekali lagi semangat kerja jangan sampai kendor, pertahankan usaha Bapak, Ibu, jangan sampai tutup, jangan sampai rugi,” katanya.

Menurut Jokowi, mendapatkan keuntungan sedikit di tengah-tengah masa pandemic Covid-19 lebih baik daripada usahanya tutup atau bangkrut. Karena akan sangat sulit memulai lagi usaha yang sudah bangkrut pada kondisi normal di awal tahun depan

“Untung sedikit tidak apa-apa, tapi jangan sampai tutup. Kalau sampai tutup, untuk memulai pada kondisi normal di awal tahun depan akan lebih sulit lagi,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, perekonomian yang sangat sulit akibat pandemi Covid-19 tidak hanya dialami para pelaku usaha kecil dan mikro, tetapi juga dialami oleh semua pengusaha berskala menengah dan besar.

“Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di 215 negara yang dilanda wabah virus corona. Semua dalam posisi yang sama, kesulitan semua,” tuturnya.

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, dalam kondisi yang serba sulit ini, para pelaku UMKM harus bekerja lebih keras lagi agar dapat bertahan hingga nanti keadaan normal kembali. Karena itu, pelaku UMKM diajak tidak kehilangan momentum, saat kondisi sudah normal malah sudah kehilangan modal kerja.

“Dalam kondisi seperti ini, semangat kerja jangan turun. Kita harap Desember, vaksin masuk dan awal tahun depan sudah normal. Bapak, Ibu jangan sampai kehilangan momentum saat sudah normal, modal kerja sudah tidak ada. Jadi ini yang harus betul-betul dihitung,” tegasnya.

Menuru Jokowi, pandemi ini telah mengakibatkan banyak pedagang yang kehilangan omzet penjualan mulai dari separuh hingga seperempat dari saat kondisi belum ada pandemi. Ia juga pernah mengalaminya saat menjadi pengusaha dulu. (b1)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN