Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan ucapan selamat secara virtual dalam penganugragan gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati Sukarnoputri, di Audiotorium  Unhan, Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat (11/7/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan ucapan selamat secara virtual dalam penganugragan gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati Sukarnoputri, di Audiotorium Unhan, Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat (11/7/2021).

Presiden Jokowi: Ibu Megawati Seorang Pemimpin Strategis

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:29 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden ke-5 Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan Ilmu  Pertahanan untuk Bidang Kepemimpinan Strategis dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

“Saya juga menyampaikan selamat kepada Universitas Pertahanan Republik Indonesia yang telah memberikan gelar guru besar kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Itu artinya, Unhan akan memperoleh arahan, inspirasi, dan bahkan perkuliahan dari Ibu Mega untuk pendidikan dan penelitian tentang kepemimpinan strategis, yang menjadi kebutuhan dasar dalam mengawal perubahan strategis bagi kemajuan Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat berpidato secara daring dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Hadir pada upacara pengukuhan di antaranya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Jokowi menilai sangat tepat  keputusan  Unhan menganugerahkan gelar profesor kepada Mega. Disebutkan,   Mega merupakan seorang pemimpin strategis yang telah dicatat sejarah sebagai seorang pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar pada tata politik dan pemerintahan di Indonesia.

“Keteguhan dan konsistensi beliau sudah sangat teruji dalam memperjuangkan nasib wong cilik, dalam memperjuangkan demokrasi dan hak-hak rakyat serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara,” katanya.

Presiden Jokowi mengungkapkan, sebagai aktivis pejuang demokrasi,  Mega menjadi simbol keberanian untuk memperjuangkah hak-hak politik rakyat. Ia juga  berhasil membangkitkan  gerakan politik masyarakat bawah, gerakan politik wong cilik yang sedang memperjuangkan hak-hak politiknya dan atas dukungan para pejuang demokrasi yang lain, perjuangan tersebut membuahkan reformasi.

“Sebagai seorang politisi, Ibu Megawati Soekarnoputri telah memberikan contoh bagi kita semua bahwa menjadi politisi itu tidak harus berada di dalam pemerintahan. Menjadi politisi harus siap di dalam pemerintahan dan harus siap berada di luar pemerintahan,” kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai Wakil Presiden ke-8 RI dan Presiden ke-5 RI, terlalu  banyak kebijakan yang bisa ditunjukkan untuk menggambarkan kepemimpinan strategis Mega. Mulai dari ekonomi kerakyatan, lahirnya UU Sistem Jaminan Sosial Nasional. Lahirnya UU Perpu dan UU Antiterorisme,lahirnya UU KPK, dan masih banyak lagi.

“Semua itu, sekali lagi, menunjukkan kepemimpinan strategis beliau, dalam membela kepentingan rakyat dalam memperjuangkan demokrasi dan antikorupsi dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan nasional lainnya,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, karakter kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin. Apalagi ketika bangsa dan negara menghadapi tantangan dan hambatan yang berat, termasuk ketika negara menghadapi  hyper kompetisi global dan pandemi seperti sekarang ini.

Ketangguhan Indonesia  sebagai negara besar akan selalu diuji dari waktu ke waktu. Bangsa Indonesia juga  harus selalu siaga dan sigap dalam menghadapi segala tantangan.

“Kita harus belajar dari para pemimpin terdahulu, termasuk Ibu Megawati Soekarnoputri agar mampu melewati semua ujian dan rintangan dengan sangat baik. Sebagai guru besar, saya berharap Ibu Megawati Soekarnoputri terus memberikan bimbingan dan memandu generasi muda untuk tidak berhenti belajar, meneguhkan jalan pengabdian bagi kemajuan tanah air yang kita cintai bersama,” kata Presiden Jokowi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN