Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden  Jokowi.  (Foto Ist)

Presiden Jokowi. (Foto Ist)

Presiden Jokowi Optimistis Gerakan Pramuka Jadi Pengawal Sejati Pancasila

Rabu, 12 Agustus 2020 | 17:45 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis Gerakan Pramuka mampu menjadi pengawal sejati Pancasila yang mampu merawat kebinekaan di Indonesia.

“Rawatlah kebinekaan, pertahankan NKRI, dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati. Ingat, tantangan yang Saudara-saudara hadapi akan semakin berat dan kompleks,” kata Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).

Presiden menjelaskan, saat ini dunia berubah sangat cepat dan penuh ketidakpastian sehingga masa depan akan jauh berbeda dibanding hari ini.

“Ketangguhan Saudara-saudara juga harus saudara-saudara buktikan dalam mengejar ilmu pengetahuan. Jadilah, generasi masa depan yang mencerahkan, yang terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia. Indonesia maju yang kita cita-citakan bersama,” ujar Presiden Jokowi.

Selain sebagai pengawal sejati Pancasila, menurut Presiden, Pramuka harus menciptakan dua gerakan nasional secara berkesinambungan.

Kedua gerakan itu adalah gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat saling membantu, saling peduli, serta saling berbagi.

“Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu masalah nasional akibat pandemi, tetapi juga semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan Saudara-saudara untuk memperdalam jiwa Pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwisatya, Trisatya, dan Dasa Dharma Pramuka,” papar Jokowi.

Presiden menambahkan, penyelesaikan masalah kesehatan dan ekonomi membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Karakter disiplin dan peduli yang Saudara-saudara miliki akan semakin bermakna jika didukung penguasaan ilmu pengetahuan teknologi. Oleh karena itu, giatlah belajar, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya,” tegas Jokowi.

 

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN