Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kunjungan kerja Menko Mahfud ke Pulau Miangas sebagai salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang berseberangan dengan Filipina dilakukan bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang juga Kepala BNPP beserta rombongan. (Foto: Humas BNPP)

Kunjungan kerja Menko Mahfud ke Pulau Miangas sebagai salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang berseberangan dengan Filipina dilakukan bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang juga Kepala BNPP beserta rombongan. (Foto: Humas BNPP)

Resmikan Desa Pancasila di Miangas, Mahfud MD Ingatkan Ideologi Pancasila untuk Hidup Bernegara

Rabu, 25 Mei 2022 | 18:30 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

MIANGAS, investor.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) meresmikan Desa Pancasila saat mengunjungi Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (24/5/2022).

“Di sini (Miangas) tadi ada peresmian Desa Pancasila, mudah-mudahan itu menjadi tempat bagi kita semua untuk hidup bernegara dengan baik, rukun, aman, adil, makmur dan sentosa,” ucap Mahfud.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud mengingatkan masyarakat Miangas tentang pentingnya ideologi Pancasila untuk hidup bernegara. Sebagaimana isi dari Pancasila ketiga “Persatuan Indonesia”, Menko Mahfud mengatakan salah satu hal penting dari pancasila adalah tentang persatuan.

“Jadi negara ini dibentuk dengan kesepakatan untuk bersatu, titik temu bahwa kita berpancasila itu hidup bernegara dalam keperbedaan dan kebersatuan atau kebersatuan dalam keperbedaan,” kata Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan semua isi dari Pancasila dapat diterapkan untuk menjaga persatuan. Ia mencontohkan sila pertama “Katuhanan yang maha esa” dan sila kedua “Kemanusiaan yang adil dan beradab” juga memiliki kesinambungan.

“Misalnya rakyat Indonesia bertuhan, percaya kepada Tuhan dan beragama, itu agar kita bersatu maka harus dibangun toleransi beragama. Bahwa beragama itulah hak asasi setiap warga negara,” ujarnya.

“Bahwa kita akan bersatu dengan baik kalau kita saling menghargai manusia lain itulah kemanusiaan yang adil dan beradab,” sambungnya.

Kemudian sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, juga dapat diterapkan dalam hidup bernegara.

“Kita akan bersatu menjaga negara kalau setiap keputusan bernegara itu kita musyawarahkan bersama itulah kerakyatan, yang kemudian secara kelembagaan menjadi demokrasi dengan segala lembaganya,” lanjut Mahfud.

Selanjutnya Mahfud menjelaskan sila kelima “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” juga dapat diterapkan oleh masyarakat untuk menjaga keutuhan Indonesia.

“Dan agar kita bersatu kita tidak boleh egois, tapi harus membangun keadilan sosial agar negara ini terjaga dengan baik. Nah itulah kita,” pungkasnya.

Kepada masyarakat, Mahfud menitipkan untuk menjaga wilayah Indonesia khususnya Miangas untuk kemajuan bersama.

“Saya mengucapkan selamat atas pertemuan hari ini, semangatnya saja ditangkap bahwa kita mempunyai anugerah negara yang sangat indah dan kaya seperti ini, dan kita harus jaga bersama-sama untuk kemajuan kita bersama juga,” pungkasnya.

Kunjungan kerja Menko Mahfud ke Pulau Miangas sebagai salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang berseberangan dengan Filipina dilakukan bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang juga Kepala BNPP beserta rombongan, termasuk Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) KH. Noor Achmad dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, seusai melakukan Pencanangan Gerbangdutas (Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan) Tahun 2022 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN