Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Sumber:  BSTV

Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Satgas Covid-19 Imbau Warga Bijak Pilih Kegiatan isi Libur Panjang

Rabu, 25 November 2020 | 04:46 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengimbau masyarakat bijak memilih kegiatan untuk mengisi libur panjang di akhir tahun ini.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, akan ada kemungkinan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang. Selain ada libur panjang di akhir tahun 2020, juga ada rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuka kembali sekolah tatap muka.

“Konferensi pers hari ini akan berfokus pada apa yang sudah dan akan kita lalui yaitu libur panjang, kemunculan kerumunan, dan agenda pembukaan sektor pendidikan tatap muka. Tahun 2020 hampir mendekati pengujungnya, liburan panjang yang jadi penutup tahun menjadi bagian yang pasti sudah ditunggu-tunggu banyak pihak,” kata Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang digelar secara virtual, Selasa (24/11).

Wiku memahami masyarakat yang sudah mulai jenuh dengan rutinitas yang hampir seluruhnya dihabiskan di dalam rumah.

“Akan tetapi perlu saya ingatkan musuh kita belum hilang sepenuhnya, pandemi belum selesai,” ujar Wiku Adisasmito.

Oleh karena itu, lanjut Wiku, masyarakat perlu memiliki pertimbangan dalam memilih kegiatan di masa liburan panjang dengan kebijaksanaan yang dibangun dari masing- masing individu untuk sebisa mungkin meminimalisasi kontak dan kerumunan.

“Selalu perhatikan protokol kesehatan, jangan pernah melupakan masker, mencuci tangan, dan jauhi kerumunan,” imbau Wiku.

Diakuinya, pada pekan liburan selalu terjadi penurunan jumlah orang yang diperiksa, sehingga menyebabkan jumlah kumulatif positif dan positivity rate turun. Hal ini menjadi bahan evaluasi pemerintah pusat maupun daerah untuk terus konsisten dalam mengelola laboratorium testing.

“Satgas berusaha mendorong pemda untuk terus melakukan pengawasan kondisi pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menganalisis situasi yang lebih rinci sebagai dasar pengambilan keputusan strategis,” ungkap Wiku.

Lebih lanjut, Wiku memaparkan update perkembangan kasus harian Covid-19 per Selasa (24/11) terjadi penambahan kasus positif sebanyak 4.192 orang, sehingga total jumlah kasus aktif menjadi 64.878 orang atau 12,8%. Angka ini masih lebih rendah dibandingkan angka kasus aktif dunia sebesar 28,49%.

Selanjutnya, jumlah kasus sembuh kumulatif 425.313 atau 84%, lebih tinggi dari kasus sembuh dunia yang mencapai 69,15%. Sedangkan jumlah kasus meninggal adalah 16.111 atau 3,2%, masih lebih tinggi dibandingkan kasus meninggal dunia sebesar 2,36%. (b1)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN