Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, dalam talkshow bertajuk Covid-19 Dalam Angka:  Evaluasi PPKM, Rabu, 28 Juli 2021. Foto: Beritasatu.com

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, dalam talkshow bertajuk Covid-19 Dalam Angka: Evaluasi PPKM, Rabu, 28 Juli 2021. Foto: Beritasatu.com

Satgas Minta Pemda Tingkatkan Testing Sesuai Target Inmendagri

Rabu, 28 Juli 2021 | 20:35 WIB
Natasia Christy Wahyuni

JAKARTA, investor.id  - Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan jumlah testing sesuai target dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM Level 4 dan Level 3 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali dan Inmendagri Nomor 25 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM Level 4 Covid-19 di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

“Untuk Indonesia sebagai negara yang luas, sudah ada arahan dari Inmendagri untuk meningkatkan jumlah tracing dan testing,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, saat menjawab pertanyaan Beritasatu.com dalam talkshow bertajuk “Covid-19 Dalam Angka:  Evaluasi PPKM”, Rabu (28/7/2021). 

Dewi mengatakan beberapa daerah sudah mencapai target testing dan tracing, namun sejumlah daerah lainnya masih harus digenjot terutama untuk penambahan sumber daya manusia (SDM).

“Salah satu tantangan kita adalah SDM. Kita lihat SDM-nya cukup atau tidak terutama untuk melaksanakan tracing,” ujarnya.

Dewi mengatakan pemerintah sudah membahas untuk kembali memanggil atau merekrut para relawan tracing. Selain itu, pemerintah juga memberdayakan personil TNI dan Polri untuk membantu kegiatan tracing.

“Ini masih berjalan. Kalau ideal, tentu saja belum mencapai ideal seperti 1:15 atau 1:10 belum sampai ke sana. Tapi itu tetap berproses maka saya bilang usahanya tidak boleh disetop, tidak boleh berhenti,” tandasnya.

Menurut Dewi, sekalipun kondisi pulau Jawa dan Bali sudah membaik namun bukan kegiatan tracing harus selalu digencarkan.

“Justru kita harus genjot (tracing) untuk memastikan tidak ada lagi lonjakan kasus yang mengakibatkan kebutuhan terkait pelayanan kesehatan semakin tinggi,” katanya.

Senada dengan itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan pemerintah optimistis bisa menggerakkan kekuatan per daerah untuk mencapai target testing yang ditetapkan Inmendagri. Sesuai Inmendagri 24/2021 dan 25/2021, setiap pemda diberi target jumlah testing sebanyak 324.283 orang/hari.

“Oleh karena itu, koordinasi dan komunikasi selalu dilakukan agar kendala yang ada di daerah dapat ditangani dengan cepat,” kata Prof Wiku saat dihubungi Beritasatu.com, hari ini.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN