Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Prof Wiku Adisasmito. Foto: IST

Prof Wiku Adisasmito. Foto: IST

Satgas: Mobilitas Masyarakat Selalu Diikuti Kenaikan Kasus Covid-19

Sabtu, 15 Mei 2021 | 19:28 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, secara empiris seperti yang terjadi pada  tahun 2020,  pergerakan masyarakat selalu diikuti dengan pola peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini mengakibatkan melonjaknya  keterisian tempat tidur  perawatan di rumah sakit. Bahkan memicu tingginya kematian dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

“Secara kumulatif terjadi penurunan kasus aktif, namun perlu kewaspadaan  agar tidak terjadi peningkatan jumlah  kasus secara signifikan ketika libur Idulfitri telah mendorong mobilitas yang sangat signifikan,” kata Wiku pada konferensi pers daring tentang “Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran” Sabtu (15/5/2021).

Ia juga menyebutkan, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukan 1,5 juta orang  telah meninggalkan Jabodetabek  sejak  tanggal 22 April 2021 hingga  12 Mei 2021.

Oleh karena itu, pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan untuk mencegah peningkatan kasus  selepas libur Lebaran serta kenaikan kasus di Sumatera  cukup tinggi  dan Jawa yang sedang melandai.

Menurut Wiku, target dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia maupun dunia itu mengurangi laju penularan, sehingga  tidak membebani sistem kesehatan yang terpenting melindungi  kelompok rentan dari  risiko kematian akibat Covid-19.

Selain itu, pada saat yang sama penanganan pandemi juga dituntut untuk  menjaga perekonomian tetap berjalan atau  agar pertumbuhan tidak minus  terlalu dalam. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN