Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah pengendara motor pemudik diperbolehkan melintas di Jalan Rengas Bandung,  posko penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Selasa (11/5/2021) dini hari. Foto:  BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Sejumlah pengendara motor pemudik diperbolehkan melintas di Jalan Rengas Bandung, posko penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Selasa (11/5/2021) dini hari. Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Satgas : Pemda Harus Pastikan Pemudik yang Kembali ke Jawa Dalam Kondisi Sehat

Sabtu, 15 Mei 2021 | 16:06 WIB
Maria Fatima Bona

Jakarta  - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, terdapat 440.014  orang telah melakukan perjalanan  ke Pulau Sumatera dalam rangka libur Ramadan dan Idul Fitri, maka  harus dipastikan bahwa  apabila mereka kembali ke Pulau Jawa  dalam  kondisi sehat.

Oleh karena itu, Wiku menyebutkan, untuk memastikan mereka kembali ke Pulau Jawa dalam kondisi sehat  dan tidak menumpuk di Provinsi Lampung  khususnya di Pelabuhan Bakauheni,  maka pemerintah daerah (Pemda) harus betul- betul memastikan bahwa mereka  akan berangkat dalam kondisi sehat.

“Agar seluruh instrumen yang dipakai  pemerintah untuk memastikan  skrining  orang yang kembali ke Pulau Jawa betul-betul  orang- orang yang dalam  kondisi  sehat dan seluruh fasilitas kesehatannya sudah siap. Petugasnya juga sudah siap dan aman termasuk tempat isolasi dan  karantinanya,” kata Wiku  pada konferensi pers daring tentang “Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran” pada Sabtu (15/5/2021).

Pada kesempatan sama,  Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah (Pemda), ia meninjau langsung ke kesiapan  Pelabuhan Bakauheni, Lampung untuk antisipasi arus balik Idul Fitri.  

Pasalnya,   berdasarkan data, terdapat 440.014  orang telah melakukan perjalanan dari   Pelabuhan Merak ke Bakauheni. Mereka diprediksi  akan kembali  dalam waktu  dekat dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan sebanyak  alat rapid antigen.  Dikatakan Doni,  stok alat rapid test antigen juga masih tersedia di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  sebanyak 50.000  dan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung sebanyak 12.000. Selain itu, sudah dalam pelayaran dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni sebanyak 200.000 rapid test antigen.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN