Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dr. Hotman Paris Hutapea, S.H., M.Hum

Dr. Hotman Paris Hutapea, S.H., M.Hum

TUNJUK HOTMAN PARIS JADI KUASA HUKUM

Sinarmas Asset Management Somasi PT Bibit Tumbuh Bersama

Imam Suhartadi, Rabu, 27 Mei 2020 | 23:56 WIB

JAKARTA, investor.id -- Kasus pembekuan sementara produk reksa dana PT Sinarmas Asset Management memasuki babak baru. Kali ini, manajemen menempuh jalur hukum atas informasi yang disampaikan agen penjual reksa dana yang dinilai menyesatkan.

Sinarmas Asset Management menunjuk Hotman Paris sebagai kuasa hukum dan memberikan somasi secara terbuka kepada PT Bibit Tumbuh Bersama, salah satu agen penjual efek reksa dana produk kelolaan PT Sinarmas Asset Management (PT SAM).

"Saya Hotman Paris, kuasa hukum dari PT Sinarmas Asset Management dengan ini memberikan somasi terbuka kepada agen penjual yang menyebarkan isu melalui email dan media lainnya yang meminta para nasabah pemegang reksa dana untuk menjual (redemption) reksa dana yang dia miliki," kata Hotman, melalui video yang diunggah di Instagram, Rabu (27/5).

 

Dia mengatakan, selebaran surat edaran tersebut tidak sesuai dengan edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebab OJK hanya memerintahkan untuk suspen sementara untuk ada perbaikan.

"OJK tidak pernah memerintahkan agar para nasabah menjual reksa dananya," tuturnya.

Menurut dia, para nasabah pemegang reksa dana selama ini reputasi dari Sinarmas dan peranannya yang sangat besar dalam financial service. Sinarmas, kata Hotman, akan menempuh upaya hukum perdata dan pidana kepada pihak yang menyebarkan informasi yang menyesatkan tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya, Yefikha, S.H., M.H., dan Oktavianus Wijaya Sakti, S.H., para Advokat pada Law Firm Hotman Paris & Partners dalam hal ini bertindak selaku Kuasa Hukum dari PT. Sinarmas Asset Management (selanjutnya disebut "Klien/PT. SAM”) berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal 27 Mei 2020 (terlampir), dengan ini menyampaikan somasi ke PT. Bibit Tumbuh Bersama (BTB).

Tindakan yang dilakukan oleh Direksi dan/atau Manajemen PT. BTB diduga merupakan pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan, salah satunya Pasal 28 ayat (1) dan 27 ayat (3) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016.

Karena itu, PT Sinarmas Asset Management melalui kuasa hukumnya memberikan somasi/peringatan keras kepada PT. BTB dan sambil menunggu proses hukum maka PT.BTB diminta untuk melakukan hal sebagai berikut, pertama, mencabut seluruh pernyataan dari PT. BTB paling lambat pada pukul 17.00 WIB hari ini,tanggal 27 Mei 2020, baik melalui email, media sosial, website PT. BTB atau seluruh bentuk komunikasi lainnya, terkait dengan rekomendasi dari PT BTB untuk menjual produk reksadana PT. SAM yang dilakukan tanpa memperhatikan tujuan investasi,, keadaan keuangan dan profil risiko pemegang produk reksadana PT. SAM.

Kedua, menyampaikan permintaan maaf secara tertulis kepada PT. SAM berikut dengan seluruh nasabah/pemegang reksa dana PT. SAM, yang mana surat permintaan maaf tersebut wajib dimuat di website PT. BTB agar dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat dan seluruh nasabah.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN