Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), dr. Siti Nadia Tarmizi

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), dr. Siti Nadia Tarmizi

Siti Nadia Tarmizi, Kartini yang Mencerahkan Informasi Pandemi Covid-19

Rabu, 21 April 2021 | 22:28 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Siti Nadia Tarmizi bisa dibilang  salah satu sosok Kartini masa kini yang berjuang di masa pandemi Covid-19. Ia gigih memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terhasut berita hoaks tentang Covid-19 hingga vaksinasi.

Dokter Nadia, demikian ia akrab disapa, sejak akhir Desember 2020 mengembangkan tugas tambahan sebagai Juru  Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes).

Jubir Penanganan Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Sumber: BSTV
Jubir Penanganan Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Sumber: BSTV

Nadia mengaku sejak menjadi  jubir Vaksinasi  Covid-19 Kemkes  waktunya lebih banyak dicurahkan bersama media untuk memberikan informasi, klarifikasi,  informasi, dan mengedukasi dalam berbagai webinar  tentang pandemi Covid-19 hingga program vaksinasi nasional. 

“Tentunya tantangan terbesar meng-update berbagai informasi  karena pertanyaan media  berbeda- beda. Ada  menanyakan perkembangan kasus Covid-19 yang meningkat di suatu daerah, ada mengabarkan setelah divaksin positif Covid-19 atau kejang-kejangan. Jadi sangat bervariasi apa yang  menjadi komunikasi saya dan teman-teman media,” kata Nadia saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (21/4/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi
Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi

Nadia menuturkan, aktivitas  bersama media ini mulai dilakukan sejak pukul 05:30 - 10.00 WIB. Sementara  pada saat sama, ia juga harus tetap menjalankan tugas  lain yang harus tetap  menjalankan peran sebagai  Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Menular Langsung, Kemkes.

Pada tugas ini, Nadia membawahi beberapa program besar yang menjadi komitmen global seperti pengendalian tuberkulosis, pengendalian HIV dan penyakit infeksi menular lainnya serta  mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan penyakit akibat infeksi saluran cerna.

“Jadi selain rutin menjadi jubir, tentunya tugas untuk  menjadi juru  bicara atau narahubung Kementerian Kesehatan  dengan teman media, saya juga melaksanakan tugas untuk upaya- upaya pengendalian  penyakit. Saya menjalani ini tanpa beban, insya Allah apapun sulitnya akani bisa kita lalui bersama,” kata Nadia.

Jubir Penanganan Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Sumber: BSTV
Jubir Penanganan Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Sumber: BSTV

Dengan aktivitas yang sangat padat,  Nadiapun mensiasati pembagian waktu, sehingga waktu untuk negara dan bangsa serta keluarga seimbang.  Adapun waktu untuk keluarga yakni berusaha untuk  berada di rumah  sebelum pukul 19.00 WIB. Namun, tetap menjalankan sejumlah tugas seperti webinar dan menjawab media dengan posisi berada di rumah.

Dikatakan Nadia, berusaha untuk berada di rumah lebih cepat agar tetap memiliki waktu untuk mengurus buah hatinya yang juga membutuhkan sosoknya untuk mendampingi belajar atau mengoreksi pekerjaan rumah (PR) dari sekolah daringnya.

Selanjutnya, Nadia mengatakan, waktu bersama keluarga, ia memanfaatkan akhir pekan untuk berolahraga dan makan bersama. Lalu, untuk memastikan tetap bugar dan semangat menjalani rutinitas yang padat adalah dengan waktu tidur yang cukup. Sebab, hal tersebut menjadi  tips untuk tidak stres menghadapi segala kendala dalam aktivitas kesehariannya.

dr Siti Nadia. Foto: IST
dr Siti Nadia. Foto: IST

Sejumlah aktivitas yang jalani ini, Nadia mengatakan, pada masa pandemi ini, peran perempuan sangat penting menjadi kunci dari  ketahanan keluarga. Pasalnya, perempuan tersebut harus menjadi ibu dengan tugas untuk memastikan anak belajar di rumah  dengan  nyaman.

Perempuan yang disebut dengan sosok ibu ini harus merawat dan menguatkan keluarga, apabila ada anggota keluarga yang terpapar Covid-19, serta tegas untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan anggota keluarga.

“Belum lagi kalau dia seorang relawan atau dokter tentu dia juga berjuang membantu pasien yang setiap hari terpapar Covid-19  dan harus waspada agar tidak terpapar,” ucapnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN