Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para pejabat yang menangani angkutan mudik Idulfitri dan para pemimpin redaksi media massa di Allianz Eco Park, Ancol, Sabtu 14 Mei 2022. (Foto: Primus Dorimulu)

Para pejabat yang menangani angkutan mudik Idulfitri dan para pemimpin redaksi media massa di Allianz Eco Park, Ancol, Sabtu 14 Mei 2022. (Foto: Primus Dorimulu)

Soal Angkutan Lebaran, Menhub: Kami Mohon Maaf kepada Masyarakat

Minggu, 15 Mei 2022 | 11:32 WIB
Primus Dorimulu (primus@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Meski secara umum, angkutan mudik dan balik Idulfitri tahun ini cukup lancar, pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tetap menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Pasalnya, masalah masih terjadi di sejumlah titik dan hal itu menjadi catatan penting untuk perbaikan pada masa mendatang.

“Amanat Presiden sudah kami jalankan dengan baik. Presiden bahkan menyampaikan kepuasan. Tapi, kami tidak sampai di situ saja, kita melihat sejumlah hal yang harus dibenahi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi kepada Beritasatu.com saat jalan santai para pejabat yang menangani angkutan mudik Idulfitri dan para pemimpin redaksi media massa di Allianz Eco Park, Ancol, Sabtu (14/05/2022). Acara jalan santai dilanjutkan dengan halal bihalal.

Baca juga: Arus Balik ke Jabodetabek Periode 2-12 Mei Naik 8,1%

Selain Menhub Budi Karya Sumadi, hadir pada acara halal bihalal adalah Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub Umar Aris, Dirut PT Jasa Marga Tbk Subakti Syukur, Dirut PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, dan juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Pihak Polri dan Jasa Marga mengakui, koordinasi penanganan arus mudik tahun ini adalah yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tidak mudah menangani pemudik se-Indonesia yang jumlahnya mencapai 85 juta. Dari Jadebotabek, jumlah pemudik mencapai 14,5 juta. Terbanyak, pemudik menggunakan jalan raya. Presiden meminta kepada jajarannya agar masyarakat mudik dengan aman dan nyaman.

Sekitar 22,9 juta atau 26,6% pemudik menggunakan mobil pribadi, 16,9 juta atau 19,8% menggunakan sepeda motor. Pemudik yang menggunakan bus mencapai 14,1 juta atau 16,5% dan yang menggunakan mobol sewa 6,7 juta atau 7,9%. Sedangkan mudik dengan pesawat terbang 8,9 juta atau 10,4%. Mereka yang mudik dengan kereta api 7,6 juta atau 8,9%. Jumlah pemudik dengan kapal laut 1,4 juta atau 1,6%.

“Syukur, semua berjalan aman dan nyaman,” ujar Menhub.

Baca juga: Angka Kecelakaan Turun 11% Saat Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

Arus balik sudah selesai, Selasa, 10 Mei 2022. Penanganan tahun ini sangat berat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tingkat kecelakaan lalu-lintas mudik tahun ini turun 11% dan tingkat kematian turun lebih tajam lagi, yakni 40%.

Ada sejumlah hal, kata Menhub, yang perlu diperbaiki pada masa akan datang agar mudik lebih lancar, aman, dan nyaman. Pertama, perencanaan harus bisa lebih baik lagi. Kedua, infrastruktur transportasi yang belum memadai. Ketiga, membenahi manajemen angkutan umum. Keempat, memperbanyak rest area.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN