Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Sri Sultan: Silaturahmi Ulama dan Umara Sangat Erat

Gora Kunjana, Minggu, 22 Oktober 2017 | 07:54 WIB

YOGYAKARTA- Gubernur DIY Sri Sultan HB X beserta keluarga menghadiri Peringatan Maulid Akbar Majelis Ta’lim Darul Hasyimi sekaligus doa tasyakuran atas pelantikan Gubernur & Wakil Gubernur DIY di Pagelaran Keraton pada Jumat (20/10) malam.

 

“Acara ini adalah tanda betapa eratnya silaturahim antara Ulama dan Umara”, ungkap Ngarsa Dalem mengawali sambutan. Menurut Sultan, Ulama dan Umara seharusnya bertindak sebagai pengimbang satu sama lain. Jika harmonis, kesejahteraan umat dan kestabilan sosial-politik akan lebih terjaga.

 

Ngarsa Dalem kemudian melanjutkan, “Bagi saya pribadi, insya Allah silaturahim ini dapat lebih memperkuat kadar keimanan dan ketaqwaan saya dalam meneguhkan dan mewujudkan rahmat bagi alam semesta, Rahmatan lil Alamin, sejalan dengan amanah Hamemayu Hayuning Bawana.”

 

Ngarsa Dalem berikutnya mengutip sari-pati Pidato Pelantikan Khalifah Abu Bakar: _"Aku diangkat menjadi pemimpin bukanlah karena aku yang terbaik di antara kalian. Maka, jika perbuataku benar ikutilah aku. Tapi bila salah, luruskanlah. Tidak boleh seorang Muslim menghima Muslim yang lain. Orang lemah aku pandang kuat pada sisi Allah, dan aku akan melindungi hak-haknya. Karena, sifat jujur itu adalah amanah."_

 

Sultan menegaskan bahwa sikap amanah seperti itu pulalah, yang insya Allah terus menerus dijaga guna mewujudkan "Kemuliaan Martabat Manusia Jogja" melalui lima pilar keistimewaan, dan mengikat setiap empat aktor-aktornya, yakni: Kraton, Kaprajan, Kampus dan Kampung atau Komunitas.

 

Ngarsa Dalem berterima kasih atas kehadiran Habib Luthfi beserta para ulama pada acara tersebut.

 

"Kehadiran Beliau-Beliau ini, sekaligus guna memberikan doa-restu agar Malam Tasyakuran atas Pelantikan Kepala Daerah DIY Periode 2017-2022 bersama Sri Paduka Paku Alam X ini, selalu berada dalam lindungan dan petunjuk-Nya. Dengan komitmen, insya Allah agar kami berdua dalam menjalankan amanah ini senantiasa ditunjukkan di jalan lurus yang diridhai oleh-Nya. Aamin-aamin ya Rabbal Alamin," pungkas Ngarsa Dalem. (gor)

BAGIKAN