Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sumber: BSTV

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sumber: BSTV

PILKADA DKI

Survei: Elektabilitas Anies dan Risma Jauh Ungguli Kandidat Lain

Senin, 15 Februari 2021 | 13:47 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id   - Lembaga Media Survei Nasional (Median) menyebutkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Sosial Tri Rismaharini memiliki elektabilitas yang tinggi dibanding kandidat lain jika bertarung di Pilkada DKI Jakarta.

Hal ini berdasarkan hasil survei Median terhadap warga DKI Jakarta yang miliki hak pilih pada 31 Januari hingga 3 Februari 2021 dengan sampel sebanyak 400 responden.

Mensos Tri Rismaharini. Foto: IST
Mensos Tri Rismaharini. Foto: IST

Direktur Riset Median Ade Irfan Abdurahman mengatakan, dari hasil survei tersebut sebanyak 42,5% akan kembali memilih Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta dan 23,5% akan memilih Risma menjadi Gubernur DKI Jakarta. Sementara kandidat lain, tingkat elektabilitasnya di bawah 10%, bahkan mayoritas di bawah 5%.

“Elektabilitas gubernur DKI Jakarta dengan skenario 16 nama dan menyertakan jawaban semi terbuka di mana responden diperbolehkan menyebutkan nama yang tidak ada di dalam alat bantu kuesioner, maka hasilnya, yang memilih Anies sebanyak 42,5%, yang memilih Rismwa 23,5% dan yang memilih Sandiaga Uno sebanyak 5,5%. Sisanya di bawah 5%,” ujar Ade dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/2/2021).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran pengurus partai memberikan penjelasan kepada wartawan yang hadir mengenai kondisi internal Partai Demokrat, di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (1/2/2021). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Nama lain yang muncul adalah Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 3,5%, Basuki T Purnama (2,0%), Abraham Lunggana (2,0%), Triwisaksana (1,5%), Adi Wijaya (1,5%), Prasetyo Edi Marsudi (0,5%), Baim Wong (0,5%), Rahmat Effendi (0,5%), Mohammad Taufik (0,5%), Khoirudin (0,5%), Eko Patrio (0,5%) dan Ahmad Riza Patria (0,5%).

“Namun, yang belum menentukan pilihan sebanyak 14,5%,” pungkas dia.

Diketahui, Median melakukan survei face to face interview terhadap warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jumlah sampel sebanyak 400 responden, dengan margin of error sebesar +/- 4,9 % pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi dan gender. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

“Hasil survei menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data. Survei ini juga mencoba memahami perilaku dan motif pemilih dalam menjatuhkan pilihannya, serta memahami evaluasi publik atas kinerja pemerintahan provinsi DKI Jakarta,” pungkas Ade.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN