Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi sambutan dalam acara FMB9 Jaga Keluarga, Tidak Mudik yang berlangsung virtual, Rabu, 5 Mei 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi sambutan dalam acara FMB9 Jaga Keluarga, Tidak Mudik yang berlangsung virtual, Rabu, 5 Mei 2021.

Survei Kemhub: 18 Juta Orang Masih Berencana Mudik

Rabu, 5 Mei 2021 | 12:38 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  - Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah melakukan survei terkait kebijakan peniadaan mudik pada Lebaran tahun ini.  Dari hasil survei tersebut, 7% masyarakat ternyata tetap berencana untuk mudik, meskipun sudah ada larangan dari pemerintah.

“Survei ini kami lakukan secara sistematis. Mulai dari apabila tidak ada larangan mudik, 33% akan mudik. Setelah kita nyatakan kalau ada larangan, sebanyak 11% tetap akan mudik. Setelah dilakukan pelarangan turun menjadi 7%. Itu pun cukup banyak, 18 juta,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara FMB9 "Jaga Keluarga, Tidak Mudik" yang berlangsung virtual, Rabu (5/5/2021).

Survei tersebut juga memetakan daerah-daerah mana saja yang akan dituju oleh pemudik. Antara lain Jawa Tengah lebih dari 30%, Jawa Barat lebih dari 20%, setelah itu Jawa Timur, Banten dan sekitarnya, Lampung, Sumatera Selatan, dan sebagainya.

"Mereka rata-rata menggunakan moda angkutan mobil paling banyak, setelah itu motor. Nah berarti para gubernur harus melakukan suatu koordinasi dengan baik," ujarnya.

Ditegaskan Budi Karya, Kemhub bersama Satgas Penanganan Covid-19 akan terus mensosialisasikan kebijakan peniadaan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Harapannya agar 7% masyarakat yang masih berencana untuk mudik tersebut jumlahnya semakin berkurang.

"Kita juga men-survei bahwa memang terjadi suatu kecenderungan mereka akan pulang sebelum masa pelarangan. Dan oleh karenanya kami harapkan di masa tidak pelarangan pun saudara kita tidak melakukan mudik. Dan juga pada saat nanti di masa pelarangan bisa dilaksanakan dengan baik," pesan Menhub.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN