Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kebakaran hutan

Kebakaran hutan

Tahun depan, KLHK Kerjasama dengan BPPT Cegah Karhutla

Ridho Syukra, Selasa, 12 November 2019 | 19:46 WIB

JAKARTA, Investor.id- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) siap mengeluarkan terobosan pada tahun 2020 untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yaitu dengan bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK Raffles Panjaitan mengatakan bekerjasama dengan BPPT merupakan salah satu strategi KLHK untuk mencegah karhutla yang berbasis masyarakat.

Pada tahun depan, KLHK akan membentuk 1.200 desa rawan karhutla dan mengajak masyarakat berpatisipasi. Nantinya BPPT akan membuat teknologi yang akan disesuaikan dengan kondisi wilayah. Teknologi ini akan memberikan sinyal jika ada karhutla.

Tiga tahap awal pembentukan desa rawan karhutla adalah KLHK akan memetakan kondisi sekitar desa seperti wilayah rawan kebakaran, sumber air, akses wilayah, dan kepemilikan lahan.

“ Pemetaan perlu dilakukan karena setiap desa tidak sama kondisinya dan KLHK akan membuat satuan tugas dan masyarakat akan dilatih dan membentuk kelompok masyarakat peduli api,” ujar dia dalam acara diskusi Pengendalian Karhutla Berbasis Masyarakat di kantor KLHK, Jakarta, Selasa (12/11).

Selain BPPT, KLHK juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Desa Pembangunan dan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Masyarakat harus diajak untuk mencegah karhutla karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Masyarakat bisa melaporkan jika ada karhutla dan mencari tahu apakah kebakaran tersebut disebabkan oleh pribadi atau perusahaan. KLHK juga siap meningkatkan sinergi dengan kepolisian untuk penanganan karhutla dan biasanya karhutla banyak terjadi di daerah.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA