Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden RI Joko WIdodo, bersama Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan), dan ketua panitia Munas X Markus Mekeng (kiri), membuka secara
resmi Munas ke X Partai Golkar di Jakarta, Selasa (3/12/2019). Munas Partai Golkar yang berlangsung mulai 3 - 6 desember 2019, dengan agenda utama pemilihan ketua umum. Foto: SP/Joanito De Saojoao

Presiden RI Joko WIdodo, bersama Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan), dan ketua panitia Munas X Markus Mekeng (kiri), membuka secara resmi Munas ke X Partai Golkar di Jakarta, Selasa (3/12/2019). Munas Partai Golkar yang berlangsung mulai 3 - 6 desember 2019, dengan agenda utama pemilihan ketua umum. Foto: SP/Joanito De Saojoao

JOKOWI BUKA MUNAS GOLKAR

Tidak Ada Intervensi Istana

Imam Suhartadi, Rabu, 4 Desember 2019 | 08:07 WIB

JAKARTA, investor.id  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Munas X Partai Golkar yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/12). Presiden Jokowi mengatakan, Partai Golkar tak mungkin bisa diintervensi pihak luar dalam proses pemilihan ketua umum. Karena itu, dia membantah adanya intervensi Istana di munas ini.

Bahkan Presiden Jokowi terang- terangan meminta anggota DPD Golkar maju ke depan jika memang pernah dipanggil oleh Mensesneg Pratikno, sebagaimana muncul dalam tuduhan viral.

“Kemarin ada yang menyampaikan katanya Istana menginter vensi, tidak ada. Saya pastikan tidak ada,” ujar Jokowi dalam sambutannya dalam acara Munas X Partai Golkar di Jakarta, Selasa (3/12).

Dalam pembukaan Munas Par tai Golkar tampak hadir Presiden kelima yang juga Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Umum Par tai Hanura Oesman Sapta Odang, Sekjen Partai Nasdem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika Jhony G Plate.

Sementara Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir adalah Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Kanavian, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah.

Dari pimpinan Golkar, tampak Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung dan para peserta Munas yang mencapai 3.000 orang.

Sebelumnya, isu keterlibatan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam munas Golkar dihembuskan Fungsionaris DPP Par tai Golkar Syamsul Rizal. Rizal mengatakan, setidaknya ada tiga orang yang tengah menekan pengurus DPD I, DPD II, dan kepala daerah. Orang tersebut disebut sebagai pembantu Jokowi dan berusaha mengalihkan suara partai beringin kepada Airlangga Hartarto selaku petahana.

Jokowi menyebut Munas PG berlangsung sejuk. Dia mengatakan hawa sejuk sudah dirasakan ssejak dia sudah masuk ruangan Munas. “Saya masuk tadi sudah kelihatan hawanya sejuk. Kalo AC dimatikan saya yakin juga tetep sejuk,” kata Jokowi yang disambut tawa para peserta Munas.

Ia mengapresiasi atas kesejukan yang terjadi. Dia yakin dengan suasana sejuk, Golkar bisa lebih maju lagi dan makin besar di masa mendatang. “Saya ingin apresiasi yang tinggi terhadap kesejukan tadi,” tutur Jokowi.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Dedi Mulyadi, Ricky Rachmadi dan lain-lain.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Dedi Mulyadi, Ricky Rachmadi dan lain-lain.

Situasi sejuk yang disebut Jokowi karena sejumlah calon ketua umum mundur dari pencalonannya. Bahkan pesaing terkuat Airlangga Hartarto yaitu Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga mundur dari pencalonan. Adapun yang tersisa saat ini tinggal Airlangga. Bahkan Airlangga bisa terpilih secara aklamasi pada pemilihan yang dijadwalkan Rabu (4/12) malam.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, suasana internal Partai Golkar mencerminkan situasi perpolitikan secara nasional. “Kerukunan dan persaudaraan itu penting sekali bagi saya untuk menunjukkan kepada rakyat karena kalau Golkar panas perpolitikan nasional juga ikut panas,” kata Jokowi di depan ribuan kader Partai Golkar dari seluruh provinsi di Indonesia.

Jokowi mengimbau kader Golkar untuk mendahulukan cara-cara persaudaraan dan musyawarah dalam mengambil keputusan. “Kalau ada jalan persaudaraan, ada jalan kerukunan kenapa kita tempuh yang panas-panas. Yang saya takutkan, saya ini hanya melihat dari jauh, kalau Golkar ini pecah jadi partai baru lagi, itu kekhawatiran saya,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Golkar adalah partai besar yang menjadi aset besar bagi bangsa dan negara yang harus dijaga bersama. “Kalau Golkar goyang perpolitikan nasional juga ikut goyang, Golkar dingin perpolitikan kita juga ikut dingin,” imbuh Jokowi.

Mundur dari Pencalonan

Bambang Soesatyo. Foto: IST
Bambang Soesatyo. Foto: IST

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyatakan mundur dari pencalonan Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024.

“Dengan semangat rekonsiliasi yang telah kita sepakati bersama, maka demi menjaga soliditas dan menjaga keutuhan Partai Golkar, maka saya sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat Ketum Partai Golkar 2019-2024,” katanya dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (3/12).

Dalam jumpa pers itu, turut hadir Ketua Umum Par tai Golkar yang juga Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, politisi Abu Rizal Bakrie dan Menko Kemaritiman dan Investasi yang juga tokoh Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan. Bamsoet menjelaskan, beberapa pertimbangan atas keputusan yang diambilnya itu.

Pertama, yakni mengenai perkembangan Partai Golkar menjelang Munas yang semakin panas. Pertimbangan kedua, yakni situasi politik yang dinilai perlu dijaga guna menjaga harapan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi agar tidak terdampak ancaman ekonomi global.

“Kemudian, nasihat, pandangan, saran dan pendapat dari para tokoh senior kami, Pak Luhut, Ketua Dewan Pembina Pak Abu Rizal Bakrie, Wakil Ketua Dewan Pembina Akbar Tandjung, saya tadi pagi sudah komunikasi dan menyampaikan pandangan. Termasuk juga Ketua Dewan Pakar Pak Agung Laksono,” tuturnya.

Pertimbangan terakhir, lanjut Bamsoet, yakni semangat rekonsiliasi yang telah disepakati bersama antara kedua kubu. “Biar ke depan tidak ada lagi nanti kubu pro-Bamsoet dan pro-AH (Airlangga Hartarto). Yang ada adalah pro-Golkar dan pro-Indonesia,” imbuhnya.

Atas keputusan tersebut, Bamsoet mengimbau pendukungnya untuk kembali merajut hubungan dengan para kader Partai Golkar lainnya. “Karena tidak ada kata lain kecuali Par tai Golkar,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar (PG) Airlangga Hartarto mengakui Bamsoet mundur dari pencalonan ketum. Bamsoet mundur untuk persatuan dan keutuhan Golkar. “Betul mundur,” kata Airlangga saat dihubungi Suara Pembaruan, Selasa (3/12). (b1/sp)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA