Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Desain final bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) karya seniman Nyoman Nuarta.

Desain final bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) karya seniman Nyoman Nuarta.

Tim Transisi Percepatan Pembangunan IKN Telah Dibentuk, Ini Tugasnya

Jumat, 6 Mei 2022 | 18:09 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Tim transisi percepatan pembangunan IKN  telah terbentuk dan disertai dan diserahi berbagai tugas penting. Hal itu  dijabarkan dalam Surat Keputusan Mensesneg Nomor 105 tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan dan Pemindahan Ibu Kota Negara yang diteken Pratikno pada 28 April 2022,

Pasal 3 SK Mensesneg menuliskan, tugas tim transisi adalah mengonsolidasikan penyelenggaraan program/kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian/lembaga dan Otorita Ibu Kota Nusantara dalam rangka persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.

“Memfasilitasi tindak lanjut arahan/kebijakan Presiden guna memperlancar dan mempercepat persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara,” demikian isi ayat b pasal 3 yang dikutip Beritasatu.com dalam SK Mensesneg tersebut, Jumat (6/5/2022).

Tugas lainnya, memberikan fasilitasi bagi kegiatan sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.

Tim Transisi juga bertugas memberikan masukan mengenai langkah-langkah penyelesaian permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.

Kemudian membantu penyiapan dan perencanaan termasuk tetapi tidak terbatas pada penataan regulasi, penanganan isu-isu hukum, dan kerja sama antara Otorita Ibu Kota Nusantara dan pihak lain. Mengelola data dan informasi terkait dengan pelaksanaan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara dengan pihak terkait.

Selanjutnya tim transisi bertugas melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara. Membantu penyiapan teknis pelaporan dan pertanggungjawaban kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara.

“Serta tugas lainnya untuk memastikan realisasi kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis Pratikno dalam SK Mensesneg itu.

Untuk tugas sekretaris, lanjut Pratikno, memberikan dukungan teknis dan administrative pelaksanaan tugas Tim Transisi. Sekretaris dibantu Tim Sekretariat yang berkedudukan di Kantor Otorita Ibu Kota Negara.

Keanggotaan Tim Sekretariat dapat berasal dari Kementerian Sekretariat Negara dan/atau kementerian/lembaga lainnya yang terkait.

Sedangkan Ketua Tim Transisi dapat mengangkat personel dalam rangka pelaksanaan tugas Tim Transisi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno membentuk tim transisi percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembentukan tim transisi ini tertuang dalam Keputusan Mensesneg Nomor 105 tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan dan Pemindahan Ibu Kota Negara. Surat keputusan ini ditandatangani Pratikno pada 28 April 2022. Tim transisi ini melaksanakan tugas sejak Keputusan Menteri ini ditetapkan.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN