Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

UGM Luncurkan Mobil Listrik untuk Angkutan Kampus

Antara, (elgor)  Rabu, 28 Maret 2012 | 15:40 WIB

YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan mobil listrik "eSemar Xperimental" yang akan digunakan secara resmi sebagai sarana transportasi/angkutan di lingkungan kampus.

Peluncuran mobil listrik tersebut dilakukan Rektor UGM Sudjarwadi dengan melakukan "test drive" mengelilingi halaman Balairung UGM Yogyakarta, Rabu.

Sudjarwadi mengatakan, peluncuran mobil listrik merupakan salah satu upaya yang dilakukan UGM untuk mewujudkan kampus "educopolis" yang bebas polusi dan kebisingan.

"Dengan dikembangkannya mobil listrik tersebut diharapkan semakin mengibarkan nama UGM di tingkat nasional dan internasional. Kami bangga dan berterima kasih pada tim yang telah mengembangkan mobil listrik itu," katanya.

Menurut dia, cita-cita UGM semakin terlihat jelas mampu melahirkan pemimpin-pemimpin dunia di berbagai bidang. Semoga mampu membuat UGM semakin dipercaya masyarakat baik nasional maupun internasional.

"Peluncuran kendaraan itu dirasakan tepat karena bersamaan dengan momentum akan dinaikkannya harga bahan bakar minyak (BBM). Ke depan, mobil itu diharapkan bisa jadi solusi menghadapi kenaikan BBM dan bersifat ramah lingkungan," katanya.

Direktur Direktorat Pengelolaan dan Pemeliharaan Aset (DPPA) UGM Singgih Hawibowo mengatakan, mobil listrik itu merupakan salah satu upaya penyediaan layanan transportasi yang rendah emisi.

Menurut dia, layanan mobil listrik itu ditujukan bagi difabel, lansia, tamu VIP, dan warga kampus UGM yang berhalangan menempuh perjalanan dalam kampus dengan bersepeda atau berjalan.

"Saat ini UGM baru mengoperasikan satu unit mobil listrik. Namun, ke depan secara bertahap akan dikembangkan lebih banyak lagi," katanya.

Koordinator Tim Semar Jurusan Teknik Mesin dan Industri Pengembang Mobil Listrik, Jayan Sentanuhady mengatakan, mobil "eSemar Xperimental" dibuat dengan mengusung konsep hemat energi dan ramah lingkungan.

"Dalam pembuatannya menggunakan tiga phase motor AC berdaya 48 volt sebagai mesin penggerak utama. Penggunaan motor AC itu menjadikannya lebih hemat energi dibanding mobil lain yang biasanya menggunakan motor DC sebagai mesin penggerak," katanya.

Menurut dia, keunggulannya mobil itu memakai mesin motor AC, bukan mesin DC seperti mobil kebanyakan sehingga bisa lebih hemat dengan tingkat efisiensi sampai 80%, sedangkan mobil biasa efisiensinya hanya sekitar 35%.

Namun, kata dia,, masih terdapat sejumlah tantangan terkait penggunaan mobil listrik itu. Selain masih mahal, menghabiskan biaya sekitar Rp200 juta untuk perakitan, daya jelajah mobil itu juga sangat terbatas sekitar 50 kilometer. (gor/ant)

BAGIKAN