Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
UTBK di Universitas Negeri Jakarta. Foto: SP/Joanito De Saojoao

UTBK di Universitas Negeri Jakarta. Foto: SP/Joanito De Saojoao

UTBK 2020 Diikuti 703.875

Senin, 6 Juli 2020 | 05:08 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 yang dimulai Minggu (5/7) diikuti oleh 703.875 peserta dari berbagai daerah menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Selama UTBK setiap peserta wajib mengenakan masker dan pelindung wajah untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kami minta peserta untuk menaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK," kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo di Jakarta, Minggu (5/7).

Dia menjelaskan, peserta yang menurut hasil pemeriksaan suhunya di atas normal tidak diperkenankan mengikuti ujian. Orang tua atau orang yang meng antar peserta ke lokasi ujian dilarang turun dari kendaraan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

UTBK di Universitas Negeri Jakarta. Foto: SP/Joanito De Saojoao
UTBK di Universitas Negeri Jakarta. Foto: SP/Joanito De Saojoao

Nasih mengatakan, peserta UTBK yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat Celcius tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian.

"Jika peserta mempunyai suhu lebih dari 37,5 derajat Celcius atau hasil rapid test reaktif tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian," ujar Nasih.

Untuk peser ta yang hasil rapid test reaktif, maka harus melakukan swab test atau tes usap secara mandiri. Jika hasil swab test tersebut negatif maka diperbolehkan untuk mengikuti tes pada tahap dua.

Sedangkan jika hasil swab test-nya positif, maka peserta tersebut tidak diperbolehkan untuk mengikuti tes baik tahap satu maupun dua. UTBK merupakan syarat untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

UTBK 2020 dilaksanakan da lam dua tahap. UTBK tahap per tama yang berlangsung 5 hingga 14 Juli diikuti oleh 579.069 peserta dan UTBK tahap dua dari 20 hingga 29 Juli di ikuti oleh 124.806 peserta. UTBK diselenggarakan di 74 pusat UTBK.

Ujian dalam sehari digelar dua sesi dengan sesi pagi berlangsung pukul 09.30 sampai 11.15 dan sesi siang berlangsung 14.30 sampai 16.15. Saat jeda waktu ujian, ruangan akan disemprot dengan disinfektan. Peserta yang karena kondisi tertentu, seperti bencana, tidak bisa mengikuti UTBK tahap satu maupun dua, bisa mengikuti ujian pada 29 Juli sampai 2 Agustus 2020.

UTBK diselenggarakan pada 74 Pusat UTBK yang tersebar di setiap provinsi di Tanah Air. Pada beberapa provinsi, Pusat UTBK bekerja sama dengan sekolah maupun kampus lainnya untuk menyelenggarakan UTBK.

Terapkan Protokol Kesehatan

Kampus Universitas Indonesia, Depok. Sumber: dok. UI
Kampus Universitas Indonesia, Depok. Sumber: dok. UI

Universitas Indonesia (UI) menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada pelaksanaan UTBK 2020 yang tersebar di beberapa fakultas kampus tersebut.

Salah satu Penanggung Jawab Lokasi Kantor Sumber Daya dan Pembelajaran UI, Irma dalam keterangannya, Minggu (5/7) mengatakan, protokol kesehatan dan semua aturan baru UTBK tersebut dilaksanakan demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Semua aturan tersebut diterapkan agar meminimalisasi kontak serta kerumunan orang yang dapat berpotensi menyebarkan Covid-19," kata Irma.

Panitia sendiri telah melakukan persiapan kegiatan seminggu sebelumnya, seperti mempersiapkan suplai masker, hand sanitizer, alat pengukur badan, serta wastafel pencuci tangan.

"Sebelum memasuki ruangan peserta masuk dengan menjaga jarak terlebih dahulu, mencuci tangan dan suhu di tubuhnya di ukur serta memakai masker," katanya.

UTBK di Universitas Negeri Jakarta. Foto: SP/Joanito De Saojoao
UTBK di Universitas Negeri Jakarta. Foto: SP/Joanito De Saojoao

Beberapa lokasi yang menjadi tempat UTBK tersebut di antara nya, yaitu di Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Bu daya, Fakultas Teknik, dan Fa kultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pelaksanaan UTBK ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 5 -14 Juli 2020, sedangkan tahap kedua pada 20-29 Juli 2020. Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan terdapat beberapa perbedaan dengan kegiatan tahun lalu, yaitu waktu pelaksa naan dan gelombang pelaksanaan. Bila tahun lalu waktu pengerjaan adalah 3 jam 45 menit, maka waktu pengerjaan saat ini dipersingkat menjadi 2 jam 15 menit.

Selain itu, tahun lalu gelombang pelaksanaan diadakan di setiap akhir minggu selama beberapa bulan. Sedangkan saat ini, tahap pelaksanaan hanya dilakukan dalam 1 bulan.

Jumlah peserta dalam ruangan juga sangat dibatasi, hanya sekitar 15-25 orang dalam satu ruangan. Para peserta juga diwajibkan memakai masker, dan para pengantar peserta tidak diperkenankan berkerumun selama berada di lokasi acara. (b1/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN