Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Vitamin C Kiwi Jauh Lebih Banyak Dibanding Jeruk

Senin, 2 Juni 2014 | 15:27 WIB
Anis Rifatul Ummah

JAKARTA - Masyarakat umum sebagian besar hanya mengenal sumber vitamin C dari jeruk. Padahal, buah lain yang lebih banyak mengandung vitamin tersebut. Salah satunya Kiwi Zespri SunGold ternyata vitaminnya tiga kali dibanding Jeruk.

Zespri Marketing Manager untuk Indonesia Deviana Nugraeni menjelaskan kiwi SunGold merupakan buah bernutrisi tinggi dengan angka kecukupan nutrisi, yaitu 18,7. Sedangkan, apel hanya 1,8 atau jeruk 8,1.

Dengan demikian, Kiwi tersebut memiliki kandungan vitamin tiga kali jeruk dan 10 kali apel. Angka kecukupan nutrisi yang tinggi pada Kiwi SunGlod dihasilkan oleh kandungan Vitamin C dan nutrisi lainnya, yaitu serat, folat, dan potasium.

"Uniknya lagi, Kiwi SunGold memiliki kandungan air yang lebih banyak dengan rasa manis menyegarkan," ungkap Deviana di sela peluncuran Zespri SunGlod Kiwifruit di Jakarta, Senin (2/6).

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Univesitas Indonesia Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc MS SpGK mengatakan, buah yang kaya akan vitamin C seperti Kiwi sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan keluarga.

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan. Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit. "Serta membentuk kolagen dan hormon yang baik untuk tubuh," jelas dia.

Dr Fiastuti menambahkan, kebutuhan vitamin C pada wanita usia 19-30 tahun sangat bervariasi. Jika pada kondisi normal membutuhkan 75mg/hari, wanita hamil 85 mg/hari, dan menyusui 120 mg/hari. Vitamin C harus dikonsumsi setiap hari. Hal tersebut karena vitamin C merupakan vitamin yang paling mudah rusak. Bahkan, vitamin C mudah teroksidasi dan proses tersebut dipercepat oleh panass, sinal alkali, enzim, oksidator, serta oleh katalis tembaga dan besi.

"Oleh karena itu, mengkonsumsi satu hingga dua kiwi per hari sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C per hari, yaitu sebanyak 75mg," tutup dia. (iin)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN