Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri pekan puncak AKI 2022.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri pekan puncak AKI 2022.

Wamen Angela Apresiasi Kualitas Produk UMKM Peserta AKI 2022

Selasa, 18 Okt 2022 | 08:39 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

TANGERANG, investor.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi produk ekonomi kreatif (Ekraf) yang berhasil menembus pasar ekspor. Hal ini disampaikan Angela saat menghadiri pekan puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, di Tangerang, belum lama ini.

“Ini menunjukkan kekuatan brand Indonesia. AKI ini memang bentuk komitmen kita dalam membantu teman-teman pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata yang skalanya UMKM. Semoga melalui AKI kita bisa merangkul mereka agar bisa tumbuh bersama sama dengan kita,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Angela menyempatkan diri mengunjungi 16 booth peserta AKI yang merupakan perwakilan dari 16 daerah, yakni; Tasikmalaya, Cirebon, Yogyakarta, Tegal, Banjarmasin, Padang, Tangerang, Cilegon, Pontianak, Banda Aceh, Jember, Kendari, Sidoarjo, Jambi, Ambon dan Pekanbaru. 

“Saya lihat satu satu persatu booth peserta. Yang bikin saya senang ada peserta AKI yang bergerak di bidang socialpreneur yang membantu ibu-ibu di daerah, itu membantu kita melestarikan budaya. Ada juga peserta yang memakai produk daur ulang yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Advertisement

 Angela menilai produk pelaku ekonomi kreatif yang dipamerkan di AEON Mall BSD berkualitas. “Keren banget, beragam produk AKI ini bisa menjadi solusi dari kebutuhan dan permasalahan kita sehari-hari. Salah satunya ada aplikasi betukang.id yang menyediakan jasa tukang dari berbagai keahlian, udah nggak khawatir lagi kalau tiba-tiba atap di rumah bocor,” ujarnya.

Sebagai catatan, aplikasi Betukang.id merupakan peserta AKI 2022 terpilih dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif. Finalis AKI 2022 merupakan hasil dari kurasi dengan total pendaftar 6.531, dengan total finalis dari 16 Kabupaten/Kota adalah 433 yang terdiri dari subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

Pameran AKI 2022 berkolaborasi dengan mitra strategis, yakni, Shopee, Gojek (GoPlay – GoPay), dan Aplikasi Qasir.

AKI pertama kali dibentuk pada 2021 sebagai upaya Kemenparekraf membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi. Pemulihan ekonomi harus dilakukan dengan mendorong para UMKM sebagai kebangkitan ekonomi nasional. Saat itu AKI 2021 dilaksanakan dengan protokol kesehatan di 16 kota/kabupaten dan berhasil meningkatkan produksi dan penjualan pelaku ekonomi kreatif UMKM.

Dikatakan, AKI berhasil menjadi wadah untuk kolaborasi pelaku ekonomi kreatif, bahkan bertemu dengan potential buyer dan investor. Keberhasilan AKI 2021 itu dilanjutkan pada 2022 dan membuahkan dampak positif.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com