Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Wiku Imbau Masyarakat Tetap Waspada Saat Ramadan hingga Lebaran

Kamis, 24 Maret 2022 | 05:36 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat agar tetap waspada pada penyesuaian pandemi Covid-19, khususnya periode Ramadan hingga Lebaran.

Menurutnya pencegahan dari risiko penularan harus tetap dikedepankan meskipun kasus saat ini sudah melandai, sehingga dilakukan kebijakan pelonggaran aktivitas masyarakat.

Baca juga: Literasi Mudik Lebaran Perlu Dibangun dari Sekarang

"Saya imbau di masa transisi dan penyesuaian seperti ini, khususnya menjelang periode Hari Raya, perlu adanya sikap kehati-hatian dari setiap individu agar sebisa mungkin berinisiatif mengurangi risiko penularan Covid-19 yang ada," ujar Wiku dalam konferensi pers daring, Rabu (23/3/2022).

Dikatakan, hal ini khususnya kepada kelompok masyarakat rentan seperti orang lanjut usia (lansia) maupun penderita komorbid seperti diabetes melitus. Hal itu merupakan salah satu penyakit penyerta yang banyak ditemukan pada pasien Covid-19 dan berkontribusi pada tingginya angka kematian Covid-19.

Baca juga: Booster Jadi Syarat Mudik, Menkes Pastikan Stok Vaksin Aman

"Hal-hal yang harus dilakukan adalah tempat disiplin menjalankan protokol kesehatan, menggencarkan vaksinasi, dan menjalani pola hidup yang sehat," urai Wiku.

Langkah selanjutnya, yakni inisiatif memantau riwayat penyakit yang dimiliki. Imbauan ini ditujukan khususnya bagi orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes.

“Pastikan penyakit itu tetap terkendali dengan memastikan kadar gula darah tetap dalam rentang normal, konsultasi dengan dokter, dan konsumsi obat sesuai dosis,” ujar Wiku.

Baca juga: Menkes: Pemudik Sudah Booster, Tak Perlu Tes Covid-19

Ia juga mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan ibadah pada Ramadan. Hal ini sebagai upaya mempertahankan kondisi kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini sudah mulai terkendali.

"Pemerintah tengah mempersiapkan kondisi yang terkendali seperti kedisiplinan protokol kesehatan dan cakupan vaksinasi agar masyarakat dapat menjalankan aktivitas sosial masyarakat termasuk aktivitas keagamaan agar tetap aman," pungkas dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN