Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua DPR Puan Maharani di acara networking night Y-20 Indonesia 2022 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu, 17 Juli 2022. (Foto: Beritasatu.com/Yustinus Patris Pa

Ketua DPR Puan Maharani di acara networking night Y-20 Indonesia 2022 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu, 17 Juli 2022. (Foto: Beritasatu.com/Yustinus Patris Pa

Y-20 Summit, Ketua DPR Ajak Kaum Muda Terjun ke Politik

Senin, 18 Juli 2022 | 05:41 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak kaum muda Y-20 dari negara-negara G-20 terjun ke dunia politik agar bisa terlibat langsung dalam pengambilan keputusan dan kebijakan publik. Selain itu, kata Puan, jumlah kaum muda di dunia masih sedikit yang terlibat dalam pengambilan keputusan.

Hal ini disampaikan Puan dalam sambutannya di kegiatan Networking Night dalam rangkaian Youth 20 atau Y-20 Indonesia 2022 Summit di Shangri-La Hotel, Jakarta, Minggu (17/7/2022).

“Sangat menyenangkan bagi saya untuk berpidato di KTT Y-20 malam ini. Sangat menarik untuk dicatat bahwa lebih dari setengah populasi dunia saat ini adalah pemuda di bawah usia 30 tahun,” ujar Puan.

Baca juga: Ketua DPR Puan Maharani Dukung Pemuda Y-20 Majukan Dunia

KTT Y-20 digelar generasi muda G-20 untuk membahas isu-isu global, dari working grouphingga menghasilkan komunike untuk direkomendasikan kepada para pemimpin G-20. Puan pun menyoroti data dari PBB yang menyebut jumlah pemuda diproyeksikan tumbuh sebesar 7 persen di tahun 2030 dengan jumlah mencapai hampir 1,3 miliar.
“Namun, terlepas dari proporsi yang tinggi ini, kaum muda cenderung kurang terwakili dalam proses pengambilan keputusan politik di mana lebih dari 2,6 persen Anggota Parlemen dunia merupakan kaum muda di bawah 30 tahun,” tandas Puan.

Menurut Puan, pelibatan kaum muda adalah kunci untuk mempromosikan dan memperkuat demokrasi di seluruh dunia. Selain itu juga untuk memajukan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

“Kaum muda adalah mesin pembangunan ekonomi masa depan. Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Pemuda diharapkan dapat menghadirkan ide-ide baru untuk memecahkan masalah gobal,” ungkap Puan.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK itu menyinggung soal pandemi Covid-19yang telah menghantam dunia serta perubahan iklim yang telah menyebabkan munculnya ‘new normal´ di banyak negara. Belum lagi, kata Puan, dunia tengah dihadapkan pada kekacauan global akibat perang Rusia dan Ukraina yang mengganggu energi, serta ketahanan pangan.

“Kesulitan ekonomi telah terjadi di negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah. Saat kita berusaha untuk memecahkan masalah global ini, kita harus fokus pada proses pemulihan dan membangun kembali dengan lebih baik,” pungkas Puan.

Baca juga: Y-20 Summit: Ini Tips Puan Maharani Soal Bangun Ketahanan

Sebanyak 59 orang yang terdiri dari 17 negara delegasi Y-20 hadir dalam acara networking night ini. Selain itu, ada perwakilan dari organisasi dunia yakni WTO, ADB, dan ASEAN. Lima co-chairY-20 Indonesia yakni Michael Victor Sianipar, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Budy Sugandi, Indra Dwi Prasetyo, dan Nurul Hidayatul Ummah pun turut hadir.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com