Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
CEO PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) Robert Widjaja (kiri) berbincang dengan COO BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Anthony Wonsono dan awak redaksi saat kunjungannya ke redaksi BSMH di BeritaSatu Plaza, di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Pemilik merek dagang Artugo, ini optimistis dapat merebut ceruk pasar berkat inovasi lemari pendingin dengan pre-coated material (PCM) sebagai bahan kabinet dalam. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

CEO PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) Robert Widjaja (kiri) berbincang dengan COO BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Anthony Wonsono dan awak redaksi saat kunjungannya ke redaksi BSMH di BeritaSatu Plaza, di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Pemilik merek dagang Artugo, ini optimistis dapat merebut ceruk pasar berkat inovasi lemari pendingin dengan pre-coated material (PCM) sebagai bahan kabinet dalam. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

2021, Artugo Bangun Pabrik di Tangerang

Rabu, 9 September 2020 | 23:12 WIB
Sanya Dinda (sanya.susanti@beritasatumedia.com) ,Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id -  Artugo, salah satu brand yang memasarkan produk kebutuhan elektronik rumah tangga (home appliances) di Indonesia, akan membangun pabrik perakitan (assembly) di Indonesia, tepatnya di wilayah Tangerang, Banten, dengan luas pabrik 500 meter persegi pada 2021.

“Jadi, ini sebenarnya rencana long term kita, tetapi kemungkinan akan jadi short term kita. Kita akan upayakan untuk membangun pabrik assembly di Indonesia,” ungkap CEO Artugo Robert Widjaja, saat media visit ke Beritasatu Media Holdings di Gedung Beritasatu Plaza, Jakarta, Rabu (9/9).

Saat ini, semua produk dengan merek Artugo masih dirakit di Tiongkok dan Turki. Sedangkan untuk kompresornya berasal dari Spayol. Produknya pun dibeli putus dari Tiongkok dan Turki.

“Mereka membuat produk berdasarkan request dari kita. Lalu, untuk kompresornya berasal dari Spanyol. Kita pastikan semua produk kita berasal dari best material, dengan fitur-fitur yang premium, dan harga yang terjangkau,” tambahnya.

Target Penjualan  

Hingga akhir tahun ini, Artugo menargetkan penjualan 20 ribu unit freezer dengan memulai pemasaran pada akhir Juli lalu. Kapasitas freezer yang dipasarkan di Indonesia mulai dari 100 liter-1.600 liter dengan kisaran harga mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 20 juta per unit.

CEO Artugo Robert Widjaja mengatakan, brand Artugo baru memulai launching di pasar Indonesia pada awal Agustus 2020. Secara umum, Artugo mempunyai lini produk yang terdiri atas cool product, hot product, dan hygiene product.

“Minimal, kita targetkan penjualan 20 ribu unit sampai akhir tahun ini karena demand freezer besar. Tahun depan,  target akan tambah menjadi 50 ribu unit. Harga per unit paling murah Rp 2 juta, paling mahal Rp 20 juta,” ujar Robert.

Menurut dia, pada tahap awal, Artugo akan fokus untuk memasarkan cool product, berupa chest freezer untuk segmen perumahan dan komersial. Sebab, kebutuhan  freezer di pasar Indonesia sangat besar.

“Apalagi, di masa pandemi Covid-19 ini. Jadi, kita memiliki produk freezer yang paling unggul di pasar Indonesia karena berasal dari best material,” imbuhnya.

Robert menjelaskan, kelebihan freezer Artugo punya terobosan menggunakan teknologi wide range voltage compressor dan inovasi teknologi dengan pre-coated material (PCM) sebagai bahan kabinet dalam.

Tak hanya itu, Artugo juga menghadirkan garansi digital dengan sistem QR Code melalui Artugo Digital Warranty yang memudahkan konsumen mendapatkan bantuan, seperti perbaikan produk.

“Strategi kami dalam menjaga kepercayaan konsumen lewat digital warranty dan memastikan kesesuaian produk pada kebutuhan pasar adalah fondasi kokoh bagi Artugo untuk bersaing di industri home appliance,” ungkap Robert.

Wilayah Pemasaran

Saat ini, Artugo telah membuka channel penjualan ke seluruh area pulau Jawa, Sulawesi, hingga Papua. Selanjutnya, target untuk menembus pasar Kalimantan hingga Sumatera akan direalisasikan paling lambat hingga akhir tahun ini.

Dia menuturkan, sekarang, Artugo memiliki lima titik penjualan utama, yakni Jakarta, Semarang, Surabaya, Kediri, dan Makassar. Sementara itu, hingga akhir tahun ini, Artugo manrgetkan untuk menambah titik penjualan hingga 12 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Khusus Kota Makassar kini menjadi basis penjualan di Indonesia bagian timur. Pada bulan September mendatang, Artugo akan memperluas penjualan ke Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung. Bahkan, beberapa dealer yang bekerja sama telah melakukan pembelian ulang.

“Kami baru mulai bulan Juni dengan 64 dealer. Total 50 dealer bekerja sama dengan kami dan sudah membeli dan men-display. Kami baru launching 3-4 Agustus, tapi sebelumnya sudah jualan. Beberapa dealer malah sudah melakukan pembelian ulang sampai hari ini,” kata Robert.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN