Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Konfenesi virtual bersama Ultra Voucher dan Politeknik LP3I Jakarta untuk kerja sama pendidikan vokasi. (IST)

Konfenesi virtual bersama Ultra Voucher dan Politeknik LP3I Jakarta untuk kerja sama pendidikan vokasi. (IST)

Ultra Voucher dan Politeknik LP3I Jakarta Jalin Kerja Sama Pendidikan Vokasi

Selasa, 14 September 2021 | 18:41 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Trimegah Karya Pratama Tbk (UVCR), perusahaan pelopor dan aggregator voucher diskon digital terbesar di Indonesia, menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Jurusan Komunikasi Politeknik LP3I Jakarta untuk kerja sama di bidang pendidikan vokasi.

Keduanya menyepakati kerja sama untuk meningkatkan relevansi dan keterkaitan (link and match) antara dunia industri dan dunia kerja (IDUKA) dan dunia pendidikan vokasi.

Direktur Ultra Voucher Riky Boy Permata mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama kementerian lainnya dalam program link and match antara dunia pendidikan vokasi dan iduka.

Hal tersebut juga terkait dengan kebijakan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar (KMMB) sesuai dengan Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Tujuannya agar lulusan dari pendidikan vokasi nantinya dapat terserap ke dunia industri serta tercipta penyelarasan kurikulum pendidikan vokasi yang menunjang kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan IDUKA.

“Kerja sama ini akan terjalin hingga tiga tahun, dan kami yakin dengan turut berkontribusi dalam dunia pendidikan dapat menumbuhkan semangat baru dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul serta siap dalam mengaplikasikan ilmu yang sesuai untuk IDUKA,” tutur Riky, dalam konferensi virtual, Selasa (14/9).

Menurut dia, Ultra Voucher hadir untuk memberikan manfaat, seperti kesempatan magang bagi mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta maupun memberikan pelatihan kepada para dosennya.

Riky menjelaskan, kerja sama yang akan dilakukan dengan Jurusan Komunikasi Politeknik LP3I Jakarta itu meliputi magang/praktik kerja industri untuk mahasiswa, kelas industri dengan mengakomodasi mata kuliah sesuai dengan kebutuhan IDUKA, pelatihan bagi tenaga dosen, program tenaga pengajar dari iduka,  dan program dosen magang.

Selanjutnya, kerja sama penelitian, sertifikasi mahasiswa magang, rekruitment/ bursa kerja khusus (sesuai dengan kebutuhan Ultra Voucher, sesuai kualifikasi kemampuan baik bersifat nilai tertulis, dan kemampuan non tertulis/kreatifitas), sinkronisasi kurikulum, penyelarasan fasilitas penunjang belajar, serta menempatkan logo IDUKA pada website, banner, dan event  Politeknik  LP3I Jakarta.

Kualitas Lulusan

Direktur Politeknik LP3I Jakarta Akhwanul Akhmal SP, Msi, mengungkapkan rasa syukur dapat menjalin kerja sama dengan sektor industri, yakni Ultra Voucher. Kerja sama ini  diharapkan bisa menambah kualitas lulusan yang siap kerja sesuai kebutuhan dunia kerja.

“Kami juga berharap dengan adanya kerja sama ini tentu akan menambah minat pelajar di Indonesia untuk mendaftar ke Politeknik LP3I Jakarta. Karena, ada penyelarasan kurikulum dengan yang dibutuhkan dunia kerja, sehingga diharapkan mencetak lulusan yang siap kerja sesuai kebutuhan dunia kerja,” tutur Akhwanul.

Politeknik LP3I Jakarta saat ini memiliki sembilan kampus yang tersebar di Jakarta, Depok, Cikarang, Tangerang, dan Bekasi (Jadecitabek), dengan jumlah mahasiswa untuk semua angkatan ± 6.000 orang.

Kerja sama tersebut pun diharapkan akan mencetak generasi unggul siap kerja yang mampu mendorong kemajuan industri di Tanah Air serta program link and match Kemendikbudristek juga dapat terwujud.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN