Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kerja sama XL Axiata dan MoEngage untuk pengembangan konten yang dipersonalisasi. (IST)

Ilustrasi kerja sama XL Axiata dan MoEngage untuk pengembangan konten yang dipersonalisasi. (IST)

XL Axiata dan MoEngage Kerja Sama Buat Konten Dipersonalisasi

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:03 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - XL Axiata, anak perusahaan dari grup telekomunikasi Axiata yang berbasis di Malaysia serta salah satu penyedia telekomunikasi selular terbesar di Indonesia, bekerja sama dengan MoEngage Inc, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Keduanya akan menghadirkan konten yang semakin personal, kontekstual, dan menarik ke lebih dari 57 juta pelanggannya. 

Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, XL Axiata akan menggunakan jasa MoEngage untuk mendorong keterlibatan pelanggan multi-channel melalui penawaran AxisNet dan myXL.

Platform keterlibatan pelanggan yang berbasis insights dari MoEngage akan memberikan XL Axiata pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku pelanggan dan analisis yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan retensi di semua titik kontak sepanjang siklus hidup pelanggan. 

Berbicara tentang personalisasi pengalaman pelanggan, Head Product and Design Services XL Axiata, Reza Mirza, mengatakan, ekonomi digital Indonesia berada pada titik terpenting. Karena itu, XL Axiata melihat masuknya generasi baru konsumen digital yang menginginkan pengalaman yang dipersonalisasi.

“Di sinilah tepatnya, kami percaya integrasi dengan MoEngage ini akan bermanfaat," ujar Reza, dalam pernyataannya, Rabu (5/1).

Menurut dia, pihaknya bangga akan bisa memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada pelanggan. Dengan demikian, XL Axiata tidak hanya memberikan penawaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan yang menyadari kebutuhannya, tapi juga menyelesaikan masalah di luar kebutuhan dan keinginan mereka.

Selain pengalaman pelanggan yang mengutamakan digital dan dipersonalisasi, keputusan XL Axiata untuk menerapkan platform keterlibatan berbasis wawasan terutama didorong oleh kemampuan integrasinya yang mulus dengan alat yang ada di tumpukan martech, di antaranya platform BI/CRM/CDP.

Namun, terlepas dari kemampuan yang berpusat pada pelanggan, kemudahan membuat kampanye yang dipersonalisasi, dukungan ekstensif dalam merampingkan strategi eksekusi, MoEngage terus mengembangkan peningkatan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan XL Axiata.

Founder dan CEO MoEngage Inc Raviteja Dodda menambahkan, penyedia layanan inovatif seperti XL Axiata akan menata ulang komunikasi dengan mengadopsi solusi real-time dan terukur untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan sentuhan personal yang sangat dibutuhkan.

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan XL Axiata dan berharap dapat membantu untuk mencapai keterlibatan terbaik di kelasnya dan membawa hubungan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Raviteja.

Tuntutan Pelanggan

Dengan lebih dari 185 juat pengguna aktif, penetrasi pasar 68%, dan konsumsi data rata-rata bulanan hingga 30 GB per pengguna, Indonesia termasuk dalam 10 negara teratas di dunia untuk penggunaan internet.

Lanskap telekomunikasi lokal saat ini pun didominasi oleh paket data tak terbatas. Namun, hal ini juga sering membuat segmen pengguna yang paham digital tidak puas dengan penerapan paket data, kecepatan yang tidak stabil, benefit yang terus berubah, dan kurangnya pengingat ketika data yang tersedia semakin menipis.

Akibatnya, pelanggan sering menggunakan beberapa kartu SIM dengan berbagai tujuan yang semakin menambah kerumitan. 

Arah ke depannya, kerja sama XL Axiata tersebut bisa menyediakan pelanggan dengan apa yang diinginkan, baik dalam mendefinisikan ulang penggunaan data serta menawarkan pengalaman digital yang dipersonalisasi. Hal inilah yang coba diselesaikan oleh XL Axiata dengan mengimplementasikan MoEngage. 

Dengan menganalisis perjalanan pelanggan, perseroan akan dapat mengidentifikasi titik gesekan pengguna akhir, memperbaikinya, dan pada akhirnya, meningkatkan pengalaman dan menghindari churn.

XL Axiata juga dapat secara efektif menyapa pelanggan dengan pesan berbasis momen yang relevan serta berfokus pada preferensi, perilaku, bahkan, riwayat pembelian.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN