Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Penandantangan kerja sama literasi digital Grab dan Kemenkominfo yang dilakukan secara virtual, Kamis, 13 Januari 2022. (IST)

Penandantangan kerja sama literasi digital Grab dan Kemenkominfo yang dilakukan secara virtual, Kamis, 13 Januari 2022. (IST)

Grab dan Kemenkominfo Kerja Sama Literasi Digital bagi Pengusaha Kecil dan Menengah  

Kamis, 13 Januari 2022 | 18:02 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, aplikasi super terkemuka di Indonesia, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman komprehensif untuk memacu literasi digital di Indonesia. Hal tersebut juga berlaku bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga ke wilayah Indonesia Timur serta talenta lainnya.

Grab pun mendukung pembahasan isu-isu teknologi terkini oleh Kemenkominfo di perhelatan internasional, yaitu Presidensi G20 Indonesia 2022, di mana literasi digital menjadi fokus pembicaraan pemerintah.

Penandatangan kerja sama itu disaksikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkomindo) Johnny Gerard Plate. Nota Kesepahaman diteken oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Kamis (13/1). 

Grab dan Kemenkominfo akan menyinergikan kekuatan untuk menerapkan program-program kunci, yaitu SiberKreasi, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo, dan Focus Group Discussion (FGD), untuk meningkatkan literasi digital, terutama bagi pelaku UMKM, termasuk di Indonesia Timur, melalui serangkaian pelatihan kewirausahaan.

Selain menyasar UMKM, Grab dan Kemenkominfo akan memupuk talenta-talenta Indonesia lainnya melalui Digital Talent Scholarship (DTS). Hal ini akan dilakukan dengan memberi pelatihan literasi digital melalui Digital Entrepreneurship Academy. Karena, Indonesia membutuhkan lebih banyak talenta cakap teknologi untuk menggerakan ekonomi digital.

Dalam sambutannya, Menkominfo menekankan pentingnya kerja sama strategis antara pemerintah dan perusahaan teknologi, termasuk Grab, dalam mendorong literasi digital di Indonesia.

“Literasi digital menjadi salah satu program utama Kemenkominfo dan turut menyuarakan topik tersebut di berbagai forum besar, seperti Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022,” ujar Johnny.

Dia juga melihat bahwa perusahaan teknologi sebagai mitra strategis dalam mengimplementasikan program-program literasi digital pemerintah, khususnya yang menyasar pengusaha kecil dan menengah, serta talenta Indonesia lainnya.

“Grab adalah mitra yang tepat karena memiliki ekosistem teknologi yang mumpuni serta akses ke pengusaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia, selain komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital secara inklusif,” tegasnya.

Partisipasi Grab

Ridzki Kramadibrata menambahkan, sejalan dengan Kemenkominfo, Grab percaya bahwa ekonomi digital inklusif dapat terwujud dengan partisipasi aktif pengusaha kecil dan menengah serta talenta-talenta Indonesia lainnya.

Dengan semangat GrabForGood, Grab membuka akses ke ekosistem teknologinya yang komprehensif agar bisa dimanfaatkan oleh Kemenkominfo dalam memperkuat implementasi program-program perluasan literasi dan talenta digital di Indonesia.

“Kami berharap, kolaborasi ini dapat memberikan dorongan semangat untuk mengawali 2022,” tutur Ridzki.

Dalam kerja sama itu, Grab akan membuka akses ke serangkaian fitur, layanan, dan inisiatif yang tercakup di ekosistem teknologi miliknya untuk mendorong program-program literasi digital Kemenkominfo.

Grab juga akan memadupadankan GrabAcademy, yaitu platform Grab untuk digital upskilling, dan Kota Masa Depan, yaitu inisiatif digitalisasi pengusaha kecil dan menengah di kota tier dua dan tiga, termasuk di Indonesia Timur, untuk mendukung program pelatihan kewirausahaan dan talenta digital milik Kemenkominfo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN