Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gelaran GeoAI Summit 2022 yang digagas Esri Indonesia di Jakarta. (IST)

Gelaran GeoAI Summit 2022 yang digagas Esri Indonesia di Jakarta. (IST)

GeoAI Perlu Dioptimalkan untuk Peta Besar bagi Institusi dan Industri

Rabu, 7 Des 2022 | 18:01 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pemanfaatan gabungan teknologi geospasial dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau GeoAI untuk membuat peta dasar berskala besar yang menjadi acuan bagi institusi/industri sesuai kebutuhannya sudah saatnya dilakukan di Tanah Air. Bukan hanya oleh swasta, implementasinya juga memerlukan dukungan dari pemerintah.

GeoAI merupakan kombinasi dari metode spatial science seperti geographic information systems (GIS), AI, data mining, dan high-performance computing untuk pengambilan keputusan yang akurat. Dengan GeoAI, eksekusi kebijakan/keputusan bisnis pun bisa dilakukan tepat sasaran karena menggunakan parameter dan data yang cukup valid serta terintegrasi.

Kepala Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim Badan Informasi Geospasial (BIG) Dr Ir Ade Komara pun menyampaikan pentingnya percepatan penyediaan peta dasar skala besar sebagai infrastruktur utama yang menjadi acuan bagi institusi/industri sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Tantangannya, diperlukan teknologi dan metode yang ekonomis, cepat, akurat, dan berkualitas.

“Pemanfaatan GeoAI saat ini merupakan teknologi yang memenuhi prasyarat tersebut. Otomasi penggunaan AI dalam aplikasi program di BIG ternyata dapat menghemat lebih dari 79% waktu proses pengolahan data dibanding ecara manual. GeoAI sangat hemat waktu, hemat energi, dan tentu hemat biaya,” papar Ade Komara, saat berbicara sebagai  keynote speaker GeoAI Summit 2022 yang digagas Esri Indonesia di Hotel Four Season, Jakarta, dikutip Rabu (7/12/2022). 

Advertisement

Baca juga: PUPR Tunjuk Brantas Abipraya Bangun Rumah Risha CianjurI

Karena itu, dia juga menegaskan perlunya penguatan peran strategis BIG saat ini dengan dukungan penuh dari pemerintah. Hal itu termasuk juga dilakukan peningkatan koordinasi dan integrasi dengan institusi lain.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Teknologi (Pusdatin) Kementerian PUPR Nazib Faizal menjelaskan bahwa pemanfaatan GeoAI di Kementrian PUPR sangat membantu untuk percepatan proses pengambilan keputusan sebagai pertimbangan dalam membuat kebijakan.

Sebagai contoh, dalam kasus gempa bumi di Cianjur, hal pertama yang dilakukan Kementerian PUPR adalah dengan melakukan monitoring dengan pemanfaatan GeoAI.

“Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menentukan titik-titik lokasi dan bangunan yang mengalami kerusakan parah, sehingga ada skala prioritas untuk diberikan bantuan secara langsung,” ungkap Nazib. 

Head GIS Wilmar International Plantation Tri Haryo Sagoro juga berbagi kisah dari perkebunan kelapa sawit Wilmar yang sukses dengan memanfaatkan teknologi GeoAI.

“Dengan teknologi GeoAI, kesehatan tanaman dapat dipantau dan dimitigasi. Selain itu, apabila ada infeksi penyakit, pohon kelapa sawit segera dapat ditangani untuk meminimalisasi penyebaran yang akan menimbulkan kerugian lebih banyak. Sekali lagi, teknologi GeoAI adalah solusi,” tandasnya.

Baca juga: Dukung Pengembangan Biodiesel, Anak Perusahaan Wilmar Raih Subroto Award

GeoAI Summit 2022 

Kali ini, gelaran GeoAI Summit 2022 diprakarsai oleh Esri Indonesia. Perusahaan merupakan  bagian dari Esri global, sebagai pelopor sekaligus penyedia perangkat lunak dan solusi berbasis sistem infomasi geografis terdepan.

Menurut Country Manager Esri Indonesia Christanto Yanuar, banyak perusahaan yang menawarkan solusi AI. Namun, penggabungan kecerdasan lokasi (data, informasi geografis/ geographic information systems/GIS) dengan AI merupakan nilai tambah yang ditawarkan oleh Esri Indonesia.

“Di acara GeoAI Summit 2022, dapat dilihat banyak sekali pemanfaatan GeoAI di berbagai institusi dan industri. Kemampuan mendeteksi objek, menemukan pola dan membuat prediksi, dapat dilihat dan diakses melalui dashboard kapan dan di mana saja,” pungkas Christanto.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com