Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

Tokopedia Gandeng 250 Pemda untuk Layanan PBB Online

Rabu, 7 Des 2022 | 21:01 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Tokopedia, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, menghadirkan layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) online bekerja sama dengan lebih dari 250 pemerintah kabupaten dan kota di Tanah Air. Masyarakat bisa memanfaatkannya dengan mudah dan aman untuk membayarkan kewajiban pajak lewat fitur PBB Online.

“Dalam menghadirkan layanan ini, Tokopedia bersinergi dengan pemerintah daerah di ratusan kota dan kabupaten di Indonesia. Kami berharap layanan ini bisa mempermudah masyarakat menunaikan kewajiban perpajakan sekaligus membantu peningkatan penerimaan negara,” ujar Senior Vice President of Sales Operations and Product Tokopedia Rudy Dalimunthe di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Pembayaran PBB melalui fitur di aplikasi Tokopedia tersebut lebih mudah karena tak perlu datang langsung ke kantor bank atau kantor pajak kabupaten/kota setempat. Kehadirannya akan lebih memudahkan ketika misalnya batas waktu pembayaran yang sudah mepet.

Baca juga: Karena Program ASO, Tren Belanja Elektronik di Tokopedia Meningkat

Advertisement

Seperti diketahui, batas pembayaran PBB untuk wilayah DKI Jakarta sudah dekat, yaitu tanggal 9 Desember 2022 untuk perorangan maupun badan.

Sementara itu, cara membayar PBB Online melalui Tokopedia juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Tokopedia dan memilih menu ‘Top Up & Tagihan’ dan ‘Pajak PBB’.

Lalu, pengguna bisa mengisi info daerah, memilih tahun pembayaran PBB, serta memasukkan nomor objek pajak, dan klik ‘Cek Tagihan’. Selanjutnya, rincian tagihan otomatis muncul jika nomor objek pajak yang dimasukkan sudah benar.

Kemudian, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan lebih dari 50 pilihan pembayaran, yakni transfer bank, cicilan, uang elektronik, lewat gerai offline melalui minimarket dan kantor pos terdekat, serta masih banyak lagi.

Tren Transaksi

Pada kesempatan tersebut, Rudy juga menyampaikan tren peningkatan transaksi pembayaran pajak melalui fitur PBB Online melalui aplikasi Tokopedia.

“Kami mencatat, transaksi pembayaran PBB Online melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat selama Januari hingga Oktober 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” jelasnya.

Wilayah DKI Jakarta, Bandung, Tangerang, Bogor, dan Medan menjadi beberapa wilayah yang mengalami peningkatan pembayaran PBB Online lewat Tokopedia paling tinggi selama satu tahun terakhir.

Baca juga: Intel Berkolaborasi dengan Tokopedia Tingkatkan Layanan ke Jutaan Pengguna 

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah super ecosystem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Tokopedia merupakan bagian dari grup GoTo (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk), ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com