Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Simbol Android

Simbol Android

Android 10 Punya Sembilan Keunggulan

Sabtu, 7 September 2019 | 08:00 WIB

JAKARTA, investor.id - Setelah menggulirkan hingga enam beta, Google akhirnya resmi merilis sistem operasi (operation system/OS) perangkat bergerak terbaru Android 10 yang merupakan versi final pada Rabu (4/9) waktu Indonesia. Pada tahap awal, para pengguna ponsel Pixel dan Essential yang pertama bisa mencobanya.

Bagi para pengguna ponsel Pixel dan Essential yang ingin mencoba Android 10 sudah dikirimkan oleh Google secara over-the-air (OTA). Cara memeriksanya,pengguna dua ponsel tersebut bisa memeriksanya di Settings > System > Advanced > System Update.

Sementara itu, banyak fitur baru yang disuguhkan Android 10. Pertama, dukungan jaringan seluler generasi kelima (5G). Jaringan seluler ini menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dengan latensi rendah. Google tak ingin ketinggalan dengan dukungan teknologi seluler terbaru terhadap Android 10, sehingga 5G diadopsinya.

Kedua, Live Caption. Fitur ini terbilang cukup menarik karena sebuah video yang diputar memungkinkan audionya diterjemahkan ke dalam teks secara langsung (real-time). Teks tersebut akan terpampang di depan video.

Lebih canggihnya, penerjemahan video bisa dilakukan tanpa harus terhubung dengan jaringan internet/data. Live Caption juga ditujukkan kepada para tunarungu agar lebih dapat merasakan emosi ketika menonton sebuah video.

Ketiga, Smart Reply. Fitur ini dapat membantu untuk memprediksi kata apa yang akan dibalas dalam sebuah percakapan (chat). Ini juga berlaku untuk emoji. Keunggulannya, ftur ini bekerja di semua aplikasi pesan instan di smartphone berbasis Android.

Keempat, Suggested Actions. Bila ada seseorang yang mengirimkan alamat, secara otomatis, Android 10 akan mengarahkan ke Google Maps. Kelima, Dark Theme, atau Tema Gelap telah cukup lama dinanti. Pengaktifan Dark Theme juga diyakini dapat menghemat baterai perangkat.

Keenam, Security & Privacy.Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pembatasan terhadap lokasi, riwayat penelusuran, kontak, dan informasi data sensitif lain. Android 10 juga dibekali Google Play untuk memproteksi dari serangan aplikasi penyusup (malware).

Ketujuh, Focus Mode dapat mengidentifikasi dan memblokir aplikasi tertentu yang dinilai mengganggu dan bisa pula membisukan notifikasinya. Kedelapan, Parental Controls yang akan memberikan kemampuan bagi orang tua untuk mengontrol waktu penggunaan perangkat oleh anak-anaknya.

Kesembilan, Gesture Navigation yang menawarkan sistem navigasi gerakan yang lebih komprehensif dengan operasi layar penuh. Namun, pengguna diberikan opsi untuk menyesuaikan sensitivitas untuk menghindari kesalahan. (berbagai sumber/lm)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN