Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Simbol Android

Simbol Android

Android 11 Tersedia untuk Lima Ponsel

Rabu, 9 September 2020 | 23:31 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Android 11 telah resmi diluncurkan setelah berbulan-bulan hanya dalam versi beta (uji coba). Kini, sistem operasi perangkat bergerak besutan Google tersebut juga dirilis untuk ponsel One Plus, Xiaomi, Oppo, dan Realme, setelah sebelumnya hanya ada pada ponsel Google Pixel.

Versi final Android 11 kini telah tersedia untuk diunduh pada ponsel Pixel 2, 3, 3A, 4, dan 4A, serta Xiaomi. “One Plus juga telah mengonfirmasi Android 11 bisa diunduh pada OnePlus 8 dan 8 Pro khusus untuk di Amerika Utara, Eropa, dan India, melalui beta terbuka, seperti halnya pada Oppo X2 dan Reno 3,” ungkap laman The Verge, Rabu (9/9).

Google memprediksi akan lebih banyak mitra produsen dan pemilik merek ponsel meluncurkan dan meningkatkan kemampuan perangkatnya dengan Android 11 selama beberapa pekan dan bulan mendatang.

Sementara itu, sejumlah fitur baru hadir pada Android 11. Namun secara keseluruhan, pembaruan dibandingkan sistem operasi sebelumnya (Android 10) tidak terlalu fokus pada penambahan fungsionalitas baru dan lebih pada mempermudah pengelolaan banyak hal yang sudah dapat dilakukan di ponsel.

Perubahan terbesar, Android 11 menangani percakapan dengan mengelompokkan pemberitahuan dari aplikasi perpesanan dalam laci pemberitahuan dan menambahkan antarmuka gelembung mirip gaya Facebook Messenger untuk membuatnya lebih mudah diakses pengguna.

Ada pula kontrol baru untuk fitur media, antarmuka baru untuk screenshoot, menu kontrol smarthome  ditingkatkan yang dapat diakses dengan menekan lama tombol daya serta setelan izin yang lebih ketat.

Meskipun Android 11 akan dan sudah tersedia di beberapa merek ponsel, Google tetap masih mempertahankan beberapa fitur eksklusif yang hanya ada untuk perangkat besutannya, yakni Google Pixel.

Hal itu termasuk fitur berbagi lokasi realitas tertambah (augmented reality/AR) yang dimaksudkan untuk memudahkan bertemu dengan teman dan sebuah fitur bawaan dalam versi fungsionalitas Google Smart Reply pada Gboard.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN