Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
 PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI)  meluncurkan Aplikasi Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik dan Liveness Test untuk Penyedia Jasa Keuangan dalam rangka membantu menjaga Onboading New Clients tetap berjalan.

PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) meluncurkan Aplikasi Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik dan Liveness Test untuk Penyedia Jasa Keuangan dalam rangka membantu menjaga Onboading New Clients tetap berjalan.

Dukung Social Distancing, ASLI RI Luncurkan Solusi Biometric Digital Onboarding

Euis Rita Hartati, Kamis, 26 Maret 2020 | 18:30 WIB

JAKARTA, investor.id - Penyedia Jasa Keuangan saat ini di tantang menghadirkan dan mengimplementasikan solusi agar bisnisnya tetap berjalan. Untuk itu, PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) meluncurkan Aplikasi Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik dan Liveness Test untuk Penyedia Jasa Keuangan dalam rangka membantu menjaga Onboading New Clients tetap berjalan.

“Dengan aplikasi ini, bisnis Penyedia Jasa Keuangan dapat terus berjalan, dapat terus Onboarding New Clients tanpa harus bertemu dan tetap dapat menekan Fraud dan angka NPL rendah, sehingga dalam masa Social Distancing, #DiRumahAja maupun Work from Home, bisnis dapat terus berjalan. Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik akan menjadi kunci terobosan bagi para Penyedia Jasa Keuangan di masa sulit ini,” kata ujar Robert Rompas selaku Komisaris PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI).

Robert mengaku ini adalah kali pertama dia merasakan dampak krisis ekonomi yang begitu mendadak dialami oleh Indonesia selama pengalamannya bekerja 32 tahun di beberapa bank besar sebelumnya.

“Indonesia sudah pernah melalui banyak krisis ekonomi, tapi krisis kali ini lebih besar memberikan dampak psikologis negatif bagi bangsa, panic buying yang memicu kelangkaan dan kenaikan harga barang-barang pokok hingga ancaman kelangsungan bisnis akibat tidak siap menghadapi tuntutan kebutuhan digitalisasi transaksi bisnis menjadi mimpi buruk bagi para pelaku usaha,” jelasnya.

Dia mengatakan, bisnis yang tidak siap secara digital akan menghadapi masa sulit atau bahkan hilang tenggelam dan ditengah situasi pandemik global COVID-19 ini. “Disrupsi Digital bukan lagi menjadi sebatas pergumulan teori. Penyedia Jasa Keuangan saat ini di tantang menghadirkan dan mengimplementasikan solusi agar bisnisnya tetap berjalan mulai dari Onboarding New Clients dan Keeping Existing Clients sehingga dapat menekan angka NPL dan Fraud dalam situasi apapun,” katanya.

Di sektor jasa keuangan, istilah Digital Onboarding mengacu pada proses pengajuan pembuatan rekening secara daring melalui website ataupun aplikasi telepon pintar. ASLI RI menawarkan proses Digital Onboarding yang sangat mudah dan secured.

Pertama, klien PJK memfoto Kartu Identitas yang akan terbaca secara otomatis oleh teknologi OCR (Optical Character Recognition).

Kedua, klien diminta untuk melakukan foto selfie dan test Liveness untuk menentukan bahwa yang melakukan pengajuan adalah orang hidup bukan foto.

Ketiga, seluruh data identitas dan foto selfie yang diambil akan diverifikasi secara biometrik kepada database pemerintah. Seluruh proses tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi mobile di telepon pintar maupun melalui website yang selesai kurang dari dua menit.

ASLI RI telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia teknologi Inovasi Digital Keuangan (IKD) dengan nomor Surat No S-130/MS.72/2020 dan perusahaan Biometric Security di Indonesia pertama yang mempunyai sertifikat FIDO2 Server Certificate

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN