Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Director of 2W & Logistics Grab Indonesia Tyas Apsari W. (IST)

Director of 2W & Logistics Grab Indonesia Tyas Apsari W. (IST)

Sempurnakan Pengalaman Pengantaran Social Sellers dan UMKM

GrabExpress Luncurkan Fitur Terbaru

Sabtu, 6 Februari 2021 | 07:20 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id –  Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, memperbaharui tampilan muka (user interface/UI) dan menghadirkan serangkaian fitur baru dalam GrabExpress. Tujuannya untuk menyempurnakan pengalaman penggunanya yang banyak terdiri atas social seller dan UMKM. 

Fitur baru mencakup Formulir Pengiriman baru, Pesan Lagi, Periksa Harga Termurah, dan fitur yang dapat melacak status semua paket dalam satu tampilan. Tampilan baru juga memungkinkan pengirim untuk melihat harga pada semua layanan yang tersedia setelah memasukkan alamat pengiriman.

Melalui fitur Formulir Pengiriman, social seller dapat membuat tautan yang dapat dikirimkan ke pelanggan untuk memasukkan alamat pengiriman. Fitur ini membantu untuk mengurangi kemungkinan pengiriman paket ke alamat yang salah

GrabExpress juga telah membuat fitur baru yang memungkinkan pengirim melacak status paket dalam satu tampilan sekaligus.

Pengguna, khususnya social seller yang sering menggunakan fitur Kirim ke banyak tujuan, pun dapat melacak dan memantau semua paket yang dikirim tanpa perlu khawatir paket hilang/tersesat.

Untuk memudahkan pengguna yang sering melakukan pengiriman ke alamat yang sama, fitur Pesan Lagi, memungkinkan pengguna untuk menyimpan alamat penerima di aplikasi GrabExpress.

Selain itu, fitur Cek Harga Termurah akan menunjukkan kepada pengguna rute pengiriman tercepat dengan harga termurah setelah mereka memasukkan beberapa alamat

Tren Pengiriman

Director of 2W & Logistics Grab Indonesia Tyas Apsari W menyampaikan, tahun 2020 telah membuat banyak bisnis, terutama UMKM, harus beradaptasi dengan gaya operasional baru. Grab melihat bahwa layanan pengantaran menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari.

Grab juga memahami bahwa banyak UMKM dan social seller mencari opsi yang tepat, efisien, dan terjangkau, untuk memperluas jangkauan pengirimannya. Karena itu, Grab terus mengembangkan diri untuk memberikan pelayanan Very Important Paket (VIP) untuk setiap pengantaran.

“Melalui pembaruan tampilan serta serangkaian fitur baru yang melengkapi fitur GrabExpress yang sudah ada, kami berharap dapat menyempurnakan pengalaman pengantaran bagi pengguna social seller dan UMKM,” ujar Tyas, dalam pernyataannya, Jumat (5/2).

Dengan adanya perubahan kebiasaan/pola kehidupan baru, lanjut dia, Grab pun menemukan perubahan titik pengantaran terbanyak yang cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Area perumahan, fasilitas kesehatan, dan bank telah menjadi tiga besar (top three) titik pengantaran terbanyak, dari tahun 2019, titik pengantaran terbanyak berada di area perumahan dan perkantoran.

Selain itu, Grab juga telah menemukan tiga barang yang paling sering dikirim oleh pengguna GrabExpress, yakni makanan, pakaian, dan dokumen. 

Inovasi

Melihat adanya peningkatan kebutuhan dalam pengantaran barang, Grab pun telah memperkuat layanan GrabExpress pada tahun 2020 dengan berbagai inovasi tambahan.

Pertama, GrabAssistant, layanan concierge on-demand milik Grab di mana pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak, seperti membeli sayuran dari pasar basah, atau toko yang tidak tersedia sebagai merchant Grab.

Kedua, Proof of Delivery, berfungsi sebagai tanda bukti penerimaan paket, sehingga pengirim dan penerima dapat melihat detail nama yang jelas dan jaminan barang terkirim.

Ketiga, Pengiriman Luar Kota, layanan pengiriman dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia. Keempat, Pengiriman Mitra Toko. Grab  bekerja sama untuk menjadikan GrabExpress sebagai layanan pengiriman dengan beberapa mitra toko, yakni Toys Kingdom, MAP Group, HERO, Giant, PD Pasar Jaya, Family Mart, dan Hypermart.

Inovasi tersebut merupakan bagian dari komitmen berkepanjangan Grab For Good, di mana Grab akan terus berupaya untuk melakukan inovasi yang dapat menciptakan dampak sosial positif, baik bagi pengguna, merchant, mitra bisnis, maupun mitra pengemudi dan pengantaran.

“Dengan adanya pembaruan fitur, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” imbuh Tyas.

Komunitas

Selain mengembangkan fitur-fitur di aplikasinya, GrabExpress telah membangun sebuah komunitas bernama Klub Juragan GrabExpress.

Komunitas tersebut menjadi wadah bagi para pelaku UMKM, atau social sellers, untuk mendapatkan beragam keuntungan, termasuk sarana belajar, bantuan pemasaran, serta beragam promo diskon dan paket diskon tanpa dipungut biaya melalui platform WhatsApp.

Klub Juragan GrabExpress merupakan salah satu upaya Grab untuk mendukung digitalisasi UMKM Indonesia yang berjuang untuk #TerusUsaha dan maju secara ekonomi selama pandemi Covid-19. Dari awal dibangun pada September 2020 hingga saat ini, Klub Juragan GrabExpress telah menaungi lebih dari 8.000 social sellers.

Elsa Monica, pemilik usaha Classy Paper Flower, mengatakan, Klub Juragan GrabExpress telah membantunya untuk tetap update mengenai perkembangan di layanan GrabExpress dengan adanya admin yang informatif dan webinar dari social seller yang memberi inspirasi dan pandangan baru terkait strategi penjualan dan promosi, terutama di masa pandemi ini. 

“Saat ini, level membership saya sudah konglomerat, di mana saya menerima keuntungan seperti voucher dan promo pengiriman. Dengan level membership ini, saya merasa termotivasi untuk lebih produktif lagi agar semakin produktif guna meraih lebih banyak keuntungan dan menjadi manfaat bagi mitra pengantaran GrabExpress,” tutur Elsa.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN