Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GrabExpress mendukung Layanan SIANDUK Dinas Dukcaipil Kota Tangerang Selatan. (IST)

GrabExpress mendukung Layanan SIANDUK Dinas Dukcaipil Kota Tangerang Selatan. (IST)

GrabExpress Menjadi Mitra Logistik Pemerintah

Minggu, 6 Juni 2021 | 18:50 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Grab, sebagai superapp terkemuka di Asia Tenggara, melalui layanan pengantaran last-mile GrabExpress, telah menjadi mitra dan sistem pendukung krusial bagi pemerintah Indonesia dengan memberikan pelayanan untuk keperluan administrasi sipil di berbagai lokasi di Tanah Air.

Dalam setahun terakhir, GrabExpress telah bermitra dengan berbagai badan pemerintah. Beberapa di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Satuan Kepolisian Lalu Lintas (Satlantas) Kota Medan, dan Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu. 

GrabExpress memungkinkan produktivitas pemerintah tetap berjalan lancar dengan mengirimkan dokumen-dokumen penting untuk keperluan identifikasi nasional dan administrasi sipil. Tujuannya membantu guna mempertahankan layanan publik yang baik, bahkan, selama pandemi Covid-19 ketika mobilitas masyarakat terbatas.

Kolaborasi dengan pemerintah untuk layanan tersebut pun dapat mendukung proses administrasi bagi masyarakat dan memungkinkan mereka untuk menghindari antrean di kantor-kantor pemerintahan. 

“Kami memahami bahwa masyarakat harus tetap membutuhkan keperluan pencatatan sipil dan administrasi lainnya terlepas dari situasi saat ini. Tetapi, banyak dari mereka yang khawatir untuk meninggalkan rumah dan membahayakan kesehatan mereka,” ujar Director of 2-Wheels & Logistics Grab Indonesia Tyas Widyastuti, dalam pernyataannya, dikutip Minggu (6/6). 

Karena itu, sebagai superapp, Grab sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan badan-badan pemerintah di seluruh negeri untuk memfasilitasi efisiensi pelayanan publik selama masa-masa sulit ini. GrabExpress pun akan terus memberikan layanan pengantaran yang aman, mudah, dan andal untuk masyarakat Indonesia.

Sejumlah Mitra

Disdukcapil Kota Tangerang Selatan telah menunjuk GrabExpress untuk bersama-sama meluncurkan inovasi digital bernama Sistem Pengiriman Administrasi Kependudukan (SIANDUK). GrabExpress mendukung proses administrasi sipil warga Tangerang Selatan menggunakan pengantaran dokumen secara drive-thru.

Selain itu, Polda Jawa Timur bekerja sama dengan GrabExpress untuk meluncurkan layanan pengantaran online perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terintegrasi ke dalam aplikasi  Base Traffic Semeru milik Polda Jawa Timur.

Beberapa departemen kepolisian di Sumatera Utara dan Selatan juga memilih GrabExpress untuk pengantaran dokumen mereka. Satlantas Kota Medan juga memberikan layanan pengantaran SIM langsung ke rumah warga. Kemitraan ini memberikan kemudahan bagi warga Medan dalam memperpanjang, atau memperbarui SIM.

Sementara itu, sebagai bagian dari upaya Polres Bengkulu untuk meningkatkan layanan publik, Polres Bengkulu bersinergi dengan Grab, meluncurkan layanan pengiriman Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menggunakan GrabExpress, yang pertama di wilayah Sumatera. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN