Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Tap Talk Teknologi meluncurkan SendTalk untuk mengintegrasikan kode OTP berbasis whatsApp

PT Tap Talk Teknologi meluncurkan SendTalk untuk mengintegrasikan kode OTP berbasis whatsApp

Keamanan yang lebih terjamin dengan Layanan OTP via WhatsApp dari SendTalk

Jumat, 28 Mei 2021 | 19:07 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - OTP atau One-Time Password merupakan kode unik sebagai langkah verifikasi dan autentikasi terhadap akun pengguna suatu aplikasi.

Selama ini, pengiriman kode OTP umumnya lewat SMS dan E-mail. Namun seiring perkembangan teknologi, kode OTP yang berbasis SMS dan e-mail seringkali menimbulkan isu keamanan seperti peretasan dan pemalsuan akun.

Keamanan dalam mengirim kode OTP yang kemudian berimbas pada keamanan akun pelanggan suatu bisnis sudah seharusnya menjadi tanggung jawab pemilik bisnis. Sebab, pengiriman kode OTP menuju kontak pelanggan seharusnya bersifat eksklusif dan rahasia.

Jika bocor, maka ada yang salah dengan saluran komunikasi tersebut. Berbeda halnya dengan bisnis konvensional yang mempertemukan pemilik bisnis dengan pelanggan secara empat mata, bisnis digital membutuhkan sistem komunikasi yang lebih kompleks.

Tanpa kualitas komunikasi yang bagus, maka hubungan antara pelaku bisnis dengan pelanggannya akan terganggu yang berujung pada hilangnya pelanggan dari berbagai segmentasi. Dalam hal ini, maka pengiriman kode OTP kepada pelanggan harus terjamin aman.

PT Tap Talk Teknologi sekali lagi melihat celah yang ada sehingga meluncurkan SendTalk untuk mengintegrasikan kode OTP berbasis whatsApp. Diharapkan, dengan menggunakan whatsApp dalam mengirim kode OTP, pengamanan akun pelanggan akan lebih terjaga.

Layanan dari TapTalk.io ini, selain memberikan perlindungan lebih kepada pengguna juga dilengkapi dengan berbagai kemudahan dan keunggulan sehingga layanan kode OTP via WhatsApp bisa efektif dan efisien.

WhatsApp OTP By SendTalk

Setelah sebelumnya berhasil merilis PowerTalk dan OneTalk, perusahaan startup PT Tap Talk Teknologi merilis lagi produk barunya, SendTalk. Ini tidak terlepas dari semangat Perusahaan untuk menjawab kebutuhan pengembangan sistem komunikasi digital.

"Kami yakin bahwa PT. Tap Talk Teknologi sangat membantu para developer mengembangkan sistem komunikasi di aplikasi mobile atau web mereka," Ritchie Nathaniel, CEO PT. Tap Talk Teknologi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (28/5).

SendTalk dikembangkan sebagai penyedia layanan kode OTP yang berbasis WhatsApp untuk website dan aplikasi bisnis.

Segmentasi bisnis yang sekiranya tepat menggunakan layanan dari SendTalk adalah e-commerce, on-demand application, Penyedia Telekomunikasi, serta bisnis dengan skala apapun yang memiliki kebutuhan untuk menyediakan layanan OTP dan menjamin keamanan akun pelanggannya.

Keunggulan OTP SendTalk

Layanan OTP SendTalk yang berbasis WhatsApp memiliki tawaran yang menjanjikan kecepatan dan keamanan bagi pelanggan. Kedua hal tersebut bisa diketahui dari keunggulan-keunggulan OTP SendTalk berikut ini:

1.   Lebih aman

Dengan berbasis WhatsApp, pengguna akan memiliki status pengiriman OTP. Keuntungan dari ini adalah orang lain akan sulit membuat akun palsu atau menggandakan akun pengguna asli yang sering terjadi pada OTP SMS dan OTP Panggilan Telepon.

2.   Autentikasi pengguna

Perlindungan terhadap akun melalui autentikasi baru dan upaya masuk dari pengguna lain berfungsi dalam memberikan perlindungan akun dari upaya pembobolan.

3.   Konsisten

Pengiriman OTP berbasis whatsApp lebih konsisten selama pengguna memiliki jaringan internet. Ketidaktergantungannya pada nomor ponsel pengguna memungkinkan kode OTP tidak dipengaruhi oleh sinyal provider nomor bersangkutan. Artinya, selama ada koneksi internet walaupun nomor pengguna sedang tidak aktif kode whatsApp tetap masuk melalui whatsApp.

4.   Hemat biaya

Penghematan biaya bisa anda (pemilik bisnis) lihat pada tawaran harga yag diberikan oleh SendTalk dengan tarif pada OTP yang berbasis SMS dan Telepon. 

5.  Verifikasi secara real Time

Verifikasi secara real time membantu keamanan transaksi pelanggan sehingga mencegah terjadinya penipuan.

6.  Notifikasi aktivitas akun

Dengan mengirimkan notifikasi kepada pengguna maka pengguna bisa mengetahui aktivitas akun seperti konfirmasi transaksi, status pengiriman dan bahkan peringatan tentang aktivitas tertentu yang terindikasi atau mencurigakan.

Cara pakai OTP SendTalk

Cara menerapkan penggunaan sistem OTP dari SendTalk dirancang untuk user friendly, yakni melalui 4 langkah berikut:

1. Log in ke aplikasi atau website melalui akun dan password pengguna

2. Kode OTP akan dikirim ke whatsApp pengguna

3. Pengguna mengisi kode OTP tersebut ke situs atau aplikasi yang mau dijalankan

4. Jika kode tepat, maka web atau aplikasi seluler akan mengkonfirmasinya.

Cara yang demikian bukanlah cara baru, karena SendTalk berhasil menerapkan sistem OTP yang aman namun mudah digunakan oleh pengguna. 

Dua cara pengiriman OTP SendTalk

Meskipun sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kode OTP akan dikirim ke whatsApp pengguna, sebenarnya terdapat 2 cara bagi pengguna dalam penggunaan sendTalk. 

1. Menggunakan SendTalk API

SendTalk API membantu pemilik bisnis untuk mengirimkan kode OTP secara otomatis kepada pelanggan/penggunanya. 

2.  Menggunakan SendTalk Dashboard

SendTalk Dashboard bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis jika hendak mengirimkan OTP atau notifikasi lainnya hanya kepada beberapa pengguna saja dalam sekali waktu.  Artinya, pengguna tidak perlu menunggu pengiriman OTP dari aplikasinya melainkan langsung dari dashboard SendTalk.

 Untuk menjaga agar komunikasi antara pengusaha dengan pelanggan terjalin aman, maka SendTalk merupakan pilihan yang masuk akal dalam hal pengiriman OTP dan notifikasi. Berbasiskan whatsApp, diharapkan kode OTP yang sampai kepada pelanggan tidak dimanipulasi oleh pengguna lain yang bisa merusak akun pelanggan. 

“Dibuat oleh anak negeri, SendTalk yakin dapat membantu mengembangkan industri teknologi dengan lebih pesat dengan menawarkan layanan yang lebih terjangkau dan bisa dikustomisasi,” tegas Ritchie Nathaniel .



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN